Sosialisasi Bahaya Narkoba, Kodim Pati Tegaskan Sanksi Bagi Anggota

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Pati – Bahaya Narkoba dan obat-obatan terlarang dapat menimbulkan dampak yang luar biasa bagi kesehatan pengguna. Bahkan, bisa merusak sendi kehidupannya. Apalagi jika dikaitkan dengan peredaran yang melibatkan jaringan luas, sehingga dikategorikan sebagai kejahatan luar biasa (extra ordinary crime).

Untuk mencegah serta menangkal bahaya narkoba, pada Triwulan III tahun 2020 Kodim 0718/Pati kembali melaksanakan kegiatan sosialisasi pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan pengedaran gelap narkoba di intern satuan Kodim 0718/Pati, Selasa (18/08/2020).

Bacaan Lainnya

Kegiatan sosialisasi ini menghadirkan perwakilan dari setiap Koramil di seluruh jajaran Kodim 0718/Pati. Sebanyak 100 orang, akan dibagi menjadi dua gelombang yakni hari ini Selasa (18/08) dan hari Rabu (19/08) sekaligus pengambilan sampel urine bagi para peserta yang hadir.

Dalam kegiatan tersebut, Lettu Inf Suwoyo Perwira seksi Intelijen Kodim 0718/Pati menyampaikan tentang jenis-jenis Narkotika serta bahaya yang dapat ditimbulkan, baik jangka pendek maupun jangka panjang bagi para pengguna terlebih bagi pecandu narkoba.

“Bahaya narkoba bagi kehidupan kita yang dapat ditimbulkan memang sangat luar biasa merusak, apalagi kita sebagai anggota TNI yang notabene sebagai aparat negara harus memberikan contoh bagi masyarakat. Ini sifatnya sangat mutlak, kita harus bebas dari narkoba,” jelasnya.

Menurutnya, bukan hanya dari hukum perundang-undangan saja, namun dari semua hukum agama juga sudah jelas bahwa yang namanya narkoba itu hukumnya haram.

“Dari komando atas memberikan penekanan kepada seluruh anggota agar menjauhi dan jangan sampai ada yang terlibat dengan jaringan pengedar narkoba,” kata Suwoyo.

Dirinya juga menjelaskan tentang adanya sanksi yang berat bagi anggota TNI, apabila ditemukan adanya pemakai atau bahkan terlibat sebagai pengedar.

“Pemakai saja bisa dipecat, apalagi yang terlibat dalam mengedarkan narkoba pasti akan lebih berat lagi. Bahkan, hukuman berat kurungan seumur hidup sampai dengan hukuman mati dilihat dari sejauh mana keterlibatannya,” tegasnya.
(Jay/PndPati)


Loading...

Pos terkait

Loading...