HUT TNI Ke 75, Kodim Pati Bedah Rumah Penyandang Disabilitas

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Pati – Peringatan HUT Tentara Nasional Indonesia ke-75 yang akan diperingati pada tanggal 5 Oktober 2020, Kodim 0718/Pati menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) bedah rumah berupa Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di seluruh wilayah Koramil jajarannya.

Kegiatan baksos bertajuk “ SINERGI UNTUK NEGERI” ini salah satunya digelar dengan pembongkaran rumah milik Mbah Dadiguno (71) warga Desa Bulumulyo RT 05/05 Kecamatan Batangan, Pati oleh Koramil 15/Batangan yang bersinergi dengan Polsek dan warga setempat, Jumat (04/09/2020).

Bacaan Lainnya

Mbah Dadiguno merupakan penyandang disabilitas (tuna rungu dan tuna wicara) yang kesehariannya bekerja sebagai pemulung. Rumahnya yang terbuat dari papan dan bambu itu berukuran 4 x 5 meter itu sudah tak layak huni, bahkan hampir roboh karena termakan usia. Sehingga pemiliknya harus menumpang di rumah salah satu kerabatnya.

Bersamaan dengan momentum HUT TNI ke-75 tahun 2020 dan kegiatan Non program dari Kodim 0718/Pati, Koramil 15/Batangan mempelopori kegiatan baksos tersebut yang didukung oleh Pemerintah Desa Bulumulyo serta para donatur.

Danramil 15/Batangan Kapten Chb Wasis saat di lokasi menyampaikan bahwa kegiatan tersebut adalah dalam rangka HUT TNI ke-75.

“Kegiatan hari ini merupakan proses rehab rumah milik bapak Dadiguno yang diawali pembongkaran rumah bersama pak Kades beserta perangkat, Polsek Batangan dan warga sekitar. Rencana untuk proses pembangunan penggalian pondasi rumah akan kami lanjutkan hari Senin (07/09), karena menunggu waktu yang tepat sesuai dengan tradisi kearifan lokal,” ucap Kapten Wasis.

Lebih lanjut, Kapten Chb Wasis mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan non program yang bekerjasama dengan pemerintahan desa serta para donatur dan masyarakat sekitar.

“Semoga segera dapat kita selesaikan dan diberikan kelancaran, agar dapat ditempati,” ujar Danramil.

Sementara itu Mulyono Kades Bulumulyo mengapresiasi kegiatan TNI ini, khususnya Koramil Batangan Kodim 0718/Pati atas bantuan yang diberikan kepada warganya.

“Terimakasih atas program dari Kodim 0718/Pati khususnya Koramil 15/Batangan, untuk kegiatan RTLH milik bapak Dadiguno. Mudah-mudahan nanti segera bisa ditempati, karena beliau ini merupakan penyandang disabilitas tuna rungu dan tuna wicara yang sampai saat ini statusnya belum memiliki istri dan keluarga,” kata Kades.

Mulyono juga menambahkan bahwa baksos semacam ini sangatlah bermanfaat untuk masyarakat, terlabih seperti yang dialami oleh pak Dadiguno.

“Kami dari pemerintah desa mendukung sekali program ini dengan harapan bisa selesai 100% yang dilaksanakan secara gotong royong oleh Koramil, Polsek dan Warga masyarakat. Rencana bangunan yang sudah dirobohkan ini, akan dibangun rumah permanen berukuran 4 X 8 meter,” pungkasnya.
(Jay/PndPati)


Loading...

Pos terkait

Loading...