Bupati Biak Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – Dinilai sukses dalam pembangunan kependudukan dan keluarga bencana di wilayahnya, Bupati Kabupaten Biak Numfor menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K).

Penghargaan Manggala Karya Kencana diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BKBBN Papua Charles Brabar, SE, M.Si dan diterima langsung oleh Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, S. Si. M. Pd didampingi oleh Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Lourens Pattipeilohy, bertempat di Guest House Bupati, Selasa (8/9/2020).

“Saya selaku bupati memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas penilaian dan evaluasi dari BKKBN terhadap kami di Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor. Secara khusus saya juga sampaikan apresiasi kepada ASN yang ada di DP3AKB Biak Numfor yang mempersiapkan berbagai program terkait kesejahteraan keluarga di Biak yang dikolaborasikan dengan dinas terkait sejingga menjadi poin evaluasi bagi BKKBN Provinsi Papua maupun pusat sehingga Biak berhaskl meraih penghargaan Manggala Karya Kencana,” kata bupati.

Bupati Herry berharap, penghargaan yang telah diberikan menjadi motifasi nagi dinas terkait dalam mempersiapkan program prioritas dalam pengembangan program Keluarga Berencana (KB) atau Keluarga Sejahtera.

“Dalam program dan penghargaan yang diberikan, arahannya lebih kepada bukan Keluarga Berencana yang dibatasi hanya 2 orang anak. Tetapi bagaimana masyarakat menata, mengelola dan mengatur rumah tangganya sehingga setiap anak dalam keluarga menerima hak yang sama baik itu, di sektor pendidikan, kesehatan tetapi juga kesejahteraan mereka,” tutur bupati.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKBBN Papua Charles Brabar, SE, M.Si usai penyerahan penghargaan Manggala Karya Kencana menjelaskan, seharusnya penghargaan tersebut diterima pada Juni 2020 saat perayaan Hari Keluarga Nasional di Padang, Sumatera Barat dan diserahkan langsung oleh Kepala BKKBN Pusat. Tetapi karena pandemi Covid 19, acara Harganas itu batal dan diberi kepercayaan kepada perwakilan BKKBN di daerah yang menyerahkannya.

“Penghargaan ini diberikan karena Bupati Biak Numfor dinilai sukses dalam pembangunan kependudukan dan keluarga berencana di daerahnya,” kata Charles.

“Setiap tahun kami menyeleksi ketat penghargaan ini karena tim kami bekerja untuk menilai program pembangunan kepala daerah di Papua dalam bidang kependudukan dan pembangunan keluarga. Kiranya penghargaan ini memberi semangat, motivasi dan inspirasi bagi Bupati Biak Numfor, serta seluruh bupati dan walikota di Papua agar terus meningkatkan kesejahteraan keluarga di Papua,” tandasnya.

Di Provinsi Papua untuk Tahun 2020 Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) hanya 2 kabupaten yang berhasil mendapatkannya, yakni Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Keerom. (JER)


Loading...

Pos terkait

Loading...