Danlanal Biak Beserta Jajaran TNI AL Ikuti Upacara Virtual HUT TNI AL Ke 75

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Biak Kolonel Laut (P) Dominggus S, Misalayuk beserta segenap jajaran TNI AL dan Pns Lanal Biak mengikuti Upacara Peringatan Hari Jadi ke-75 TNI Angkatan Laut Tahun 2020 secara virtual di Gedung Hang Tuah, Lanal Biak, Senin (10/9/2020).

Upacara yang digelar secara virtual tersebut di laksanakan di Lapangan Bendera Gedung Utama R. E. Martadinata, Markas Besar TNI Angkatan Laut, dengan Inspektur Upacara Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono dan diikuti oleh seluruh jajaran TNI AL.

Kasal, Laksamana TNI Yudo Margono dalam amanatnya mengatakan, sudah merupakan tradisi untuk menyelenggarakan peringatan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut ke-75 dengan nuansa dan cara yang berbeda ditengah situasi pandemi global Covid-19.

“Peringatan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut yang Ke-75 diperingati secara sederhana namun penuh suasana khidmat. Saya yakin upacara ini memiliki makna yang penting bagi kita semua, seluruh keluarga besar TNI AL dimanapun berada dan bertugas,” kata Kasal.

Ia menjelaskan, sebagai bagian integral dari sebuah bangsa maritim yang besar sekaligus juga merupakan komponen utama pertahanan negara, tentunya TNI Angkatan Laut akan selalu mendukung setiap langkah kebijakan pemerintah. Penjabaran dari kebijakan pemerintah ke dalam pembangunan kejuatan TNI AL dapat dipahami dalam Tema Tahun ini “Dengan semangat Jalesveva Jayamahe, kita siap mewujudkan TNI Angkatan Laut yang profesiknal, Moderen dan Tangguh guna mendukung Indonesia maju.

“Kejayaan TNI AL sangat ditentukan oleh SDM yang harus memiliki keunggulan karakter dan profesionalisme. Sebagai prajurit Pengawal Samudera Nusantara diberikan amanah untuk membangun kekuatan TNI AL yang melindungi segenap bangsa serta menjamin kedaulatan dan keamanan negara di laut,” tutur Laksamana TNI Yudo Margono.

Dalam Peringatan HUT TNI AL Ke-75 ada beberapa hal yang menjadi penekanan oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono diantaranya : Pertama, perteguh keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa sebagai landasan pengabdian kepada TNI Angkatan Laut, tni. bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kedua, tingkatkan kemampuan SDM dalam bentuk profesionalisme prajurit yang senantiasa berpegang teguh kepada Sapta Marga, Sumpah prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut sebagai bentuk kesiapan untuk mengawaki kekuatan angkatan laut yang siap dioperasionalkan.

Ketiga, tingkatkan kemampuan dukungan pangkalan demi menjaga kesiapsiagaan operasi dan intensitas kehadiran komponen SSAT TNI Angkatan Laut dengan memegang prinsip interoperabilitas dalam bentuk operasi gabungan TNI.

Keempat, majukan organisasi TNI Angkatan Laut, dengan berani untuk berinovasi dan melakukan perubahan kinerja organisasi ke arah yang lebih baik.

Kelima, pererat kebersamaan, kekompakan dan kekeluargaan TNI Angkatan Laut dan jaga soliditas TNI-Polri serta masyarakat guna mendukung ketahanan bangsa dalam menghadapi segala bentuk ancaman.

Usai mengikuti upacara Peringatan Hari Jadi ke-75 TNI Angkatan Laut secara Virtual, Danlanal, Kolonel Laut (P) Dominggus S, Misalayuk melaksanakan syukuran dengan prajurit TNI AL wilayah Biak yaitu dengan pemotongan tumpeng dan menyerahkannya kepada prajurit termuda. (JER)


Loading...

Pos terkait

Loading...