KSOP Biak Sosialisasikan Penerapan Inapornet

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kabupaten Biak Numfor, Papua, mensosialisasikan penerapan Inaportnet sebagai sistem informasi kepelabuhanan dan pelayanan standar dalam melayani kapal dan barang.

Kepala KSOP Biak, C H Karubaba mengatakan, Inaportnet merupakan sistem pelayanan terintegrasi guna memfasilitasi pertukaran data dan informasi layanan kepelabuhanan secara cepat, aman, netral dan mudah dengan instansi pemerintah terkait, badan usaha pelabuhan dan pelaku industri logistik untuk meningkatkan daya saing.

“Inaportnet merupakan gebrakan baru di Biak sehingga dalam sistem pelayanan di pelabuhan tidak kaku dan memperpendek birokrasi layanan,” ungkap Karubaba dalam wawancaranya dengan wartawan di Asana Hotel Biak, Kamis (10/9/2020).

Menurut dia, beberapa pelayanan yang diterapkan sistem Inaportnet berupa layanan kapal-kapal masuk maupun keluar pelabuhan.

“Jika sistem Inaportnet ini sudah berjalan, maka tidak perlu lagi untuk mengajukan permohonan kapal secara fisik ke kantor. Sistem akan diverifikasi oleh petugas KSOP dan diintegrasikan dengan Pelindo selaku operator. Artinya, semua proses kapal keluar masuk bisa dilakukan melalui internet,” jelasnya.

Rama, tim Perwakilan Direktorat Jendral Perhubungan Laut, Kementrian Perhubungan menjelaskan sistem Inapormet akan memnerikan kemudahan bagi para pengguna jasa kepelabuhanan.

“Kemudahan yang akan diterima bersifat mobile. Para pengguna jasa tidak perlu lagi datang ke kantor KSOP cukup membuka jaringan internet ke website dan input semua data,” tutur dia.

(JER)


Loading...

Pos terkait

Loading...