Dinilai Abaikan Prokes, Ombudsman Jateng Sayangkan Video Joget di BKD Blora

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Penerapan sanksi bagi pelanggar Protokol Kesehatan (Prokes) berupa kerja sosial hingga denda Rp 100 ribu mulai diberlakukan oleh Pemerintah Kabupaten Blora hari Jumat (11/09) kemarin. Namun di hari yang sama, beredar video yang memperlihatkan aksi joget, nyanyi dan saweran di dalam kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Blora.

Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah melalui Kepala Keasistenan Pemeriksaan, Sabarudin Hulu menyayangkan aksi joget di dalam video tersebut yang dinilai tidak menjalankan prokes sesuai amanat Instruksi Presiden (Inpres) 6 tahun 2020 tentang tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Bacaan Lainnya

“Perlu tim Pemkab untuk melakukan klarifikasi kegiatan ini. Jika ini benar, seharusnya penyelenggara memberikan contoh dalam mematuhi protokol kesehatan,” ucapnya melalui whatsapp, Sabtu (12/09/2020).

Menurutnya, sesuai Inpres No.06 tahun 2020 bahwa Kepala Daerah punya tanggungjawab dalam memastikan peningkatan dan disiplin dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Dengan melihat video di atas, tidak sejalan dengan inpres 6 tahun 2020. Semoga Kepala Daerah senantiasa secara masif melakukan edukasi kepada publik dan juga para pegawai kabupaten untuk patuh pada protokol kesehatan. Jika melanggar perpres 6 tahun 2020, sanksinya teguran lisan dan tertulis, kerja sosial dan sanksi lainnya,” tambahnya.

Sementara itu, Sekda Blora Komang Gede Irawadi saat dikonfirmasi akan menindaklanjutinya dengan memanggil pimpinan.

“Saya baru tahu informasi (video joget di BKD Blora) ini, Nanti akan kami klarifikasi dengan pimpinannya,” jawabnya melalui whatsapp.

Hingga berita ini tayang, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKD Blora Pratikto Nugroho dan Kepala Satpol PP Blora Djoko Sulistiyono belum memberikan tanggapannya terkait video yang beredar tersebut ketika dikonfirmasi melalui sambungan teleponnya.

Video yang beredar di dalam kantor BKD Blora tersebut juga sempat dijadikan status Whattsap Plt Kepala BKD, namun saat ini sudah dihapus. Dalam video tersebut nampak sejumlah orang ada yang memakai masker dan ada juga yang tidak. Mereka tengah asyik berjoget ria ditemani satu penyanyi. Ada yang ikut menyumbangkan lagu serta ada pula yang mengeluarkan uang untuk nyawer namun tidak diterima.
(Jay)


Loading...

Pos terkait

Loading...