Gubernur Kalteng Sampai Pesan di Panen Raya

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Pulang Pisau – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng( H. Sugianto Sabran menghadiri acara Syukuran Panen Raya di kawasan Food Estate di Desa Gadabung, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Sabtu (12/9/2020).

Turut hadir mendampingi kunjungan kerja Gubernur, diantaranya anggota Forkopimda Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto serta Kepala perangkat Daerah Provinsi Kalteng terkait.

Tiba di lokasi acara, Gubernur beserta rombongan disambut oleh Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo beserta Anggota Forkopimda Kabupaten Pulang Pisau.

Panen Raya dilakukan bersama kelompok tani Margo Rukun, Desa Gadabung, Kecamatan Pandih Batu seluas 20 Ha untuk jenis padi Varietas Hibrida Supadi.

Gubernur dalam sambutannya menyampaikan agar seluruh elemen masyarakat mendukung program Food estate.

Pemprov Kalteng telah menyiapkan segara sarana dan prasarana diantaranya alat-alat pertanian, infrastruktur, perbankan dan sarana penunjang lainnya.

Kalteng merupakan salah satu Daerah yang mampu mempertahankan sebagai Daerah surplus produksi beras selama lebih kurang 10 Tahun terakhir.

Sugianto juga menjelaskan, tidak hanya produksi padi saja namun produksi jagung dalam kurun waktu 3 Tahun terakhir mengalami peningkatan yang sangat pesat.

Tahun 2015 produksi jagung 8.940 Ton Pipilan Kering dan Tahun 2019 produksi jagung sebesar 71.000-118.000 Ton Pipilan Kering, naik hampir 1.000 persen.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini juga menyampaikan terima kasih serta mengapresiasi kepada Bupati dan jajaran atas dukungan pelaksanaan Program dan kegiatan yang telah dialokasikan di Provinsi Kalteng.

“Diharapkan kedepannya dengan dicanangkannya Perluasan Lahan Sawah Baru di Kalteng tentunya akan lebih mampu memenuhi kedaulatan pangan terutama beras secara regional dan mampu menyumbang peningkatan produksi beras Nasional,” katanya.

Gubernur juga mengharapkan bantuan dukungan sepenuhnya dari semua stakeholder yang terlibat dalam membangun Kalteng.

“Saya mengajak seluruh masyarakat petani untuk bahu-membahu membangun Kalteng,” tutup Gubernur.

(Sugian)


Loading...

Pos terkait

Loading...