BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan Kematian

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Biak Numfor menyerahkan santunan jaminan kematian senilai Rp. 126 Juta, kepada 3 orang ahli waris dari tenaga honorer Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Biak Numfor. Setiap ahli waris mendapatkan santunan Jaminan Kematian sebesar Rp. 42 juta.

Santunan diberikan langsung oleh Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, S. Si. M. Pd. bersama dengan Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Biak Numfor, Darmawati Arifin, bersama Kadis Lingkungan Hidup, Iwan Ismulyanto.

Penyerahan tersebut dilaksanakan pada kegiatan Apel Gabungan di halaman Kantor Bupati, Senin, (14/9/2020).

“Kami menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada BPJS Ketenagakerjaan yang terus bermitra bersama pemerintah daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup. Dimana hari ini memberikan santunan kepada keluarga dari karyawan karyawati di Dinas Lingkungan Hidup yang mengalami kedukaan,” kata bupati.

Bupati menghimbau kepada seluruh, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum bermitra dalam program penjaminan ketenagakerjaan, untuk menjalin kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan mendaftarkan setiap anggotanya.

“Hal ini sangat baik untuk memberikan perlindungan bagi tenaga honorer yang berada di lingkup setiap OPD,” kata bupati.

Kadis Lingkungan Hidup, Iwan Ismulyanto menyampaikan pemberian santunan Jaminan Kematian BP Jamsostek sangat membantu meringankan beban keluarga yang ditinggalkan.

“Untuk seluruh tenaga honorer petugas kebersihan di Biak Numfor telah terdaftar kedalam perlindungan BP Jamsostek,” tuturnya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Biak Numfor, Darmawati Arifin menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah, khususnya OPD yang telah menjadi peserta BP Jamsostek.

“Dengan adanya dukungan dari Pemerintah Daerah, kami berharap setiap tenaga honorer di Pemerintah Daerah dapat merasakan perlindungan Jaminan Sosial BPJS Jamsostek,” jelas Darmawati Arifin.

Ia menjelaskan, untuk tenaga Non ASN akan mendapatkan perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja dan jaminan Kematian. Apabila terjadi resiko kecelakaan Kerja, maka BP Jamsostek akan memberikan biaya perawatan dan medis sesuai dengan kebutuhan medis.


“Untuk Santunan Jaminan Kematian Rp. 42 juta terdiri dari biaya Pemakaman Rp. 10 juta, santunan berkala yang dibayarkan sekaligus Rp.12 juta, santunan Kematian Rp. 20 juta. Santunan cacat, santunan tidak mampu bekerja dan santunan meninggal dunia karena kecelakaan kerja dan mengakibatkan meninggal dunia santunannya sebesar Rp. 168.801.600 dan beasiswa untuk 2 orang anak sebesar Rp. 174 juta”, tandas Kepala BPJS Ketenagakerjaan. (JER)


Loading...

Pos terkait

Loading...