Langgar Prokes, 15 Pegawai BKD Blora Jalani Sanksi Sosial

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Setelah memenuhi pemanggilan Inspektorat Blora terkait video joget sejumlah pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Blora yang mengabaikan Protokol Kesehatan (Prokes), Plt Kepala BKD Blora Pratikto Nugroho pun mengakui kesalahan atas keteledorannya.

Kini, sebanyak 15 pegawai termasuk Plt. BKD Blora melaksanakan sanksi sosial berupa menyapu jalanan dengan memakai rompi orange bertuliskan ‘Pelanggar Protokol Kesehatan COVID-19’ dari Satpol PP Blora yang dibantu pengawasannya dari Polres dan Kodim 0721/Blora.

Bacaan Lainnya

“Tadi sekitar ada 15 pegawai. Termasuk Pak Pratik, kepala Dinas juga kita minta menyapu,” ucap Kepala Satpol PP Blora, Djoko Sulistiyono, Rabu (16/09/2020).Djoko Sulistiyono mengungkapkan, pemberian sanksi kepada pegawai BKD menyusul adanya pelanggaran Prokes yang dilakukan pada, Jum’at (11/09) lalu. Mereka kedapatan tengah asyik berjoget dan bernyanyi tanpa memperhatikan Prokes.

“Jadi gini, kemarin pada hari Jumat di saat kita juga terapkan penegakan hukum yang pertama, mereka mengadakan kegiatan semacam tasyakuran. Mereka mengundang penyanyi solo organ. Kemudian beberapa pegawai tidak memakai masker dan jaga jarak. Akhirnya, pimpinan memutuskan memberi sanksi. Dan kita yang melaksanakan hari ini, tadi,” jelasnya.

Pihaknya menegaskan bahwa pemberian sanksi tersebut sesuai Perbup No. 55 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kabupaten Blora.

“Sekitar 10 menitan lah mereka menyapu di sepanjang Jalan Kolonel Sunandar,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Kepala Satpol PP Blora memaparkan, selama 5 hari pelaksanaan razia prokes tersebut sudah ada sebanyak 138 pelanggar yang dijatuhi sanksi sosial.

“Kegiatan (razia) di titik-titik keramaian. Kemarin rekapnya kita ada 138 pelanggar. Menurut saya kecil karena 5 hari. Artinya, kalau dipukul rata hariannya hanya sekitar 25 orang lah,” pungkasnya.
(Jay)


Loading...

Pos terkait

Loading...