BPJS Kesehatan Nabire Gelar Forum Koordinasi Program JKN-KIS

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Nabire – BPJS Kesehatan Kabupaten Nabire gelar Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan dalam penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), bertempat di Kejaksaan Negeri Nabire, Senin (28/9/2020).

Kegiatan ini, membahas tentang optimalisasi penyelenggaraan Program JKN-KIS di wilayah Kabupaten Nabire.

Hadir dalam forum tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Nabire selaku ketua serta anggota lainnya yang berasal dari Pengawas Ketenagakerjaan Nabire, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), serta instansi vertikal lainnya.

Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor, Sri Rejeki menjelaskan bahwa setelah program Satuan Tugas (Satgas) dijalankan selama dua bulan, perolehan pendapatan iuran di Kabupaten Nabire mengalami peningkatan pendapatan iuran yang signifikan dibandingkan sebelumnya.

“Kami sangat mengapresiasi kerja sama dan usaha para instansi yang terlibat sehingga program Satgas bisa berjalan dengan sangat baik. Kami harapkan program ini bisa berjalan terus dengan hasil yang memuaskan,” kata Sri Rejeki.

Namun demikian diiakui Sri, masih terdapat kendala yakni ketidaksinkronan data peserta di lapangan dengan data yang diterima.

“Untuk mengatasi hal itu, forum koordinasi ini digelar guna menemukan solusi yang tepat. Jika program ini sudah stabil dijalankan, mudah-mudahan program Satgas ini bisa diterapkan juga oleh kabupaten-kabupaten lain,” jelasnya.

Sebagai tindak lanjut dari program Satgas, Kepala Kejaksaan Nabire, Ramadani mengusulkan untuk membahas cara penerapan sanksi administratif bagi pemberi kerja yang tidak patuh.

“Penerapan sanksi administrasi tersebut akan di kaji untuk dapat memberikan solusi yang baik bagi semua pihak, sehingga aspek risiko hukumnya seminimalisir mungkin dan sesuai fakta di lapangan,” ujar Ramadani. (JER)


Loading...

Pos terkait

Loading...