Amirullah: Bulog Salurkan 79.830 Ton Beras untuk Bansos PKH Di Kabupaten Supiori

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – Pimpinan Perum Bulog sub divisi regional Kabupaten Biak Numfor, Papua, Amirullah mengatakan Perum Bulog akan menyalurkan 97 ton beras ke Kabupaten Supiori setelah BUMN pangan tersebut mendapat penugasan dari Kementerian Sosial untuk Program Bantuan Sosial (Bansos) kepada 10 juta keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM-PKH).

“Alhamdulilah, hari ini kami salurkan 19 ton 215 kg beras, khusus ke Supiori Timur dalam program KPM-PKH. Nanti secara bertahap kita distribusikan ke 5 distrik yang ada di Kabupaten Supiori. Dan kami targetkan minggu depan tanggal 10 oktober sudah selesai 100 persen untuk Kabupaten Supiori,” kata Amirullah pada peluncuran program Bansos di Kompleks Pergudangan Bulog, Biak, Kamis , (1/10/2020).

Program Bansos ini merupakan kelanjutan dari program PKH. Dengan harapan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat memenuhi ketersediaan pangan keluarga khususnya beras.

“Kenapa program ini di adakan? Pertama; Supaya masyarakat dapat merasakan keterlibatan pemerintah dalam dimaayarakat. Kedua; diharapkan dirumahtangga KPM program ini, ada ketersediaan ketahanan pangan khususnya beras apalagi dimasa Pandemi Covid-19,” jelasnya.

Kepala Bidang (Kabid) PSPK Dinas Sosial Kabupaten Supiori, Frengky Rumbino menjelaskan, Bansos beras akan diberikan kepada 1.774 KPM-PKH di Supiori yang ada di 5 distrik yakni Distrik Supiori Timur, Supiori Utara, Supiori Barat, Supiori Selatan dan Distrik Kepulauan Aruri.

“Program ini awalnya harus 2 tahap penyaluran. Tahap pertama itu, bulan Agustus dan September dan tahap kedua bulan Oktiber. Namun dengan kondisi yang cukup berat jika penyaluran dilakukan dua tahap,maka Dinsos, pihak Bulog dan DNR selaku transporter telah sepakat untuk menyelesaikan tiga bulan alokasi dalam satu kali penyaluran,” kata Frengky Rumbino.

Program Bantuan Sosial (Bansos) kepada 10 juta keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM-PKH) tiap keluarga mendapatkan 15 kg beras. Pada Oktober ini, akan disalurkan tiga bulan alokasi sekaligus yaitu Agustus, September dan Oktober. Keluarga penerima manfaat akan menerima langsung beras sebanyak 45 kg.

Paulus Hayon perwakilan DNR Logistik yang di tunjuk langsung oleh Kemensos sebagai salah satu transporter untuk membantu pemerintah mendistribusikan bantuan beras di Papua mengakui stok beras di Bulog cukup sehingga memperlancar pendistribusiannya kepada KPM-PKH.

“Kami bersyukur bisa bekerjasama dengan Bulog untuk mendistribusikan bansos beras ke masing – masing kabupaten, distrik maupun kelurahan. Stok beras di Bulog-pun masih sangat cukup, artinya ini juga memperlancar distribusi beras ke warga,” kata Paulus Hayon. (JER)


Loading...

Pos terkait

Loading...