Koalisi Partai Pemenangan Herry-Nehem Buka Penjaringan Calon Wakil Bupati Biak Numfor

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – Koalisi Bulan Demokrasi Karya Hati Nurani akan membuka penjaringan Bakal calon wakil bupati sebagai pengganti wakil bupati terpilih Almarhum Nehemia Wospakrik, SE. B. Sc.

Koalisi Bulan Demokrasi Karya Hati Nurani, yang terdiri dari empat partai politik pengusung Herry-Nehem yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)di Pilkada Kabupaten Biak Numfor Tahun 2018 akan membuka penjaringan bakal calon wakil bupati.

Yan Artinus Mbaro selaku wakil ketua koalisi mengatakan DPRD Biak Numfor melakukan tahapan, mempersiapkan pemilihan bakal calon wakil bupati yang mana tanggal 28 Desember 2018 , wakil bupati terpilih almarhum Nehemia Wospakrik, SE. Bsc meninggal dunia. Sehingga semenjak pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih pada 19 Maret 2019 , Bupati Herry Naap dilantik tanpa wakil bupati dan memimpin di Biak.

“Kami mengapresiasi kepada DPRD Biak Numfor yang hari ini melakukan langkah positif yang sangat luar biasa untuk melakukan proses tahapan pemilihan wakil bupati,” tutur Yan.

Ia menerangkan, setelah melakukan beberapa kali rapat bersama seluruh pengurus koalisi untuk menyampaikan kepada publik mulai terhitung Jumat 2 Oktober 2020 akan melakukan penjaringan bacalon wakil bupati.

“Merujuk pada UU nomor 10 tahun 2016, pasal 176. perihal berhenti karena meninggal dunia. Maka mekanisme pemilihan dilakukan oleh DPRD berdasarkan usulan dari partai pengusung,” tegas Yan Mbaro yang juga menjabat sebagai ketua Bapilu Partai Golkar.

“Berdasarkan UU nomor 10 tahun 2016, pasal 176 ayat 1 ini, maka kami koalisi sebagai partai pengusung, sesuai ayat 2, bahwa partai politik atau gabungan partai politik pengusung mengusulkan 2 orang calon wakil bupati kepada DPRD melalui bupati untuk dipilih dalam Rapat Paripurna DPRD,” kata Yan Mbaro, dalam konferensi pers, bertempat di sekretariat koalisi, jalan Sriwijaya, Biak, Papua.

Hadir dalam konferensi pers para pimpinan partai politik pengusung, ketua dan pengurus koalisi Bulan Demokrasi Karya Hati Nurani, penasehat hukum Herry-Nehem, ketua tim relawan,

Penjaringan yang dilakukan juga diharapkan bisa memunculkan kader terbaik pendukung Hery-Nehem.

“Kita tidak menarget, siapa saja boleh. Yang penting kita berharap aalah putra putri terbaik Biak Numfor pendukung Herry-Nehem melalui partai pengusung,” jelasnya.

Ia menjelaakan, proses yang dilakukan secara demokrasi dan terbuka. Oleh sebab itu, koalisi akan melihat nantinya dari bakal calon yang akan mendaftar siapa saja namun yang mengerti tentang visi misi Hery-Nehem untuk kepentingan masyarakat.

Untuk diketahui penjaringan akan dilakukan 5 hari kerja. (JER)


Loading...

Pos terkait

Loading...