Menilik Batik Karya Kota Kediri, Memeriahkan Hari Batik Nasional 2020

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Kediri.Kota Kediri tak hanya punya tenun ikat kediri, tapi juga punya batik. Beberapa pengrajin di Kota Kediri membuat batik, khususnya batik yang menadakan kekhasan Kota Kediri.

Sebagai contoh, Kasiana (70 tahun), pembatik di Kelurahan Dandangan, Kecamatan Kota, Kota Kediri. Ia membuat beragam batik dengan mengambil corak landmark Kota Kediri. Motif batik yang diproduksi oleh Anna dengan merek Wecono Asri menampilkan motif Panji Galuh, Jembatan Brawijaya, Kediri Bersemi, dan lain-lain. Palet warna yang dipilih pun warna-warna kontras seperti ungu, hijau, dan merah.

“Sebenarnya tak hanya tenun ikat kediri, batik juga kami promosikan. Kami mendatangkan desainer, Lenny Agustin untuk mengembangkan batik ini,” kata Ferry Silviana, Ketua Dekranasda Kota Kediri Lenny Agustin memberi workshop pada para pembatik Kota Kediri untuk menggali potensi lain dalam hal motif, selain landmark kemudian menyajikannya menjadi lebih kekinian.jumat(2/10)

Lenny memberi inspirasi dengan mendesain motif jaran kepang. Motif ini ditampilkan dengan berbagai ukuran sehingga enak dilihat. Tak hanya itu, Lenny juga menampilkan busana batik yang dibikin oleh pengrajin Kediri dengan mengambil inspirasi kisah Panji dalam Dhoho Fashion Street, sebuah pagelaran busana tahunan Pemkot Kediri. Inspirasi itu bisa berupa garis, warna, dan juga suasana sehingga batik tampil kekinian.

Dari hasil pelatihan dan berbagi pengetahuan dengan desainer nasional yang didatangkan ke Kota Kediri dimanfaatkan oleh  Nunung Wiwin Aryanti dengan merek Numansa untuk mendesain batiknya.
“Saya diajari Mbak Lenny bikin motif, dia pesannya juga di sini untuk fashion show,” kata Nunung. Dari sana ia belajar membuat motif yang lebih kekinian.

Sementara itu, Achmad Qosim, pemilik Azkasim Boutique berharap bahwa pengembangan batik di Kota Kediri terus ada, tak hanya tenun saja. Pelanggan Qosim juga banyak yang menjahitkan batik di butiknya. Bila Kediri lebih banyak  punya batik, maka pelanggannya akan lebih banyak pilihan.(pan/kom)


Loading...

Pos terkait

Loading...