Inilah Yang Di Lakukan GRASI,Bentuk Kepedulian Kepada Warga Kurang Mampu

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Tulungagung.PSM GRASI  adalah perkumpulan swadaya masyarakat, gerakan rakyat anti korupsi. yang bergerak di bidang sosial budaya, pendidikan, lingkungan hidup dan hukum, dengan legalitas yang lengkap yang berkantor pusat di ringipitu.

Kali ini melakukan (BAKSOS) bakti sosial di Rumah yang ber ukuran berukuran 4×6 meter persegi milik Ripangi, (60th) dan ibu Mukayah (53th) yang beralamatkan di Dusun Siwalan desa Tiudan kecamatan Gondang.Ripangi dan Mukayah sehari-hari tidak mempunyai pekerjaan yang bisa menghasilkan, dan mempunyai tangung jawab serta anaknya yang sakit, terlebih saat ini dalam kondisi pandemi Corona, Karena saat ini aktifitasnya hanya pelihara kambing milik orang,dan rumahnya dalam keadaan tidak layak huni.Sebelum diperbaiki kondisi rumah yang tidak beratap sudah tiga tahun terbengkelai dan dinding nya sudah di tumbui lumut.minggu 04/10/2020.

Menurut Ripangi keadaan ini sudah di laporkan kepihak desa, namun sudah tiga tahun tidak ada realisasi untuk perbaikan ini.

Menurut Roni dianto selaku ketua umum PSM GRASI,”kegiatan yang dilakukan PSM GRASI bersama sama warga setempat ini sebagai bentuk kepedulian GRASI kepada masyarakat dalam membantu warga yang membutuhkan rumah yang layak huni”.

Kegiatan (Baksos) bakti sosial ini dilakukan karena hingga sekarang warga tersebut belum pernah mendapatkan dukungan baik dari Forkopincam atau forkopimda,ataupun respon dari PEMDES setempat,Roni berharap”kegiatan ini sebagai stimulan untuk dinas terkait khusus nya dinas sosial yang mebidangi hal ini, perlu di ketahui bahwa saat ini pada arus bawah(masyarakat miskin)masih banyak rumah rumah yang belum layak huni dan belum tersentuh .


Roni dianto menambahkan”pada pendanaan kegitan kali ini masih bersumber dari swadaya seluruh angota Grasi,anggota kami dengan menyisihkan sebagian rizkinya untuk membantu masyarakat kurang mampu,dan sisalurkan dalam bentuk program (Baksos) bakti sosial seperti kali ini.

Terkait program bedah rumah warga yang tak layak huni Roni” menjabarkan program itu salah satunya membangun rumah bagi masyarakat kurang mampu.Dan minggu depan masih ada kegiatan lagi bedah rumah yang berlokasi di kelurahan Kuto anyar, milik supriyadi di belakang kantor kelurahan kuto anyar.


Roni menambahkan, selain bantuan dan kerjasamanya, GRASI siap kerja sama dengan para donatur ataupun dinas terkait yang membidangi hal ini, mengingat anggota grasi di setiap kecamatan yang ada di Tulungagung ada angotanya yang aktif untuk menyurvey masyarakat yang membutuhkan uluran tangan kita semua,agar tak ada lagi masyarakat yang menempati rumah tak layak huni lagi pungkas nya.Mengingat dana yang yang terbatas yang mampu di kumpulkan GRASI maka pengerjaan renovasi rumah ini belum dapat sempurna saat ini GRASI hanya mampu membantu perbaikan atap dari asbes dan kerangka dari kayu, dan selanjutnya kalau pengalangan dana dari anggota GRASI sudah terkumpul lagi kemungkinan besar akan di lanjutkan lagi, berhubung tanda tanda musim hujan akan mulai maka prioritasnya pada perbaikan atap”terangnya.(Endi sunaryo)


Loading...

Pos terkait

Loading...