Pilkada Blora 2020, Bawaslu Kedepankan Pencegahan Pelanggaran

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Pelaksanaan Pilkada Blora tinggal 65 hari lagi, dihitung mundur. Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blora Lulus Mariyonan, lebih menekankan pencegahan terkait pelanggaran dalam pemilu.

“Fungsi Bawaslu dalam Pilkada adalah Pengawasan, Pencegahan dan Penindakan. Tentu saja kita mengedepankan upaya pencegahan dengan melakukan pemetaan. Tentu saja dalam hal penindakan pelanggaran membutuhkan kerja sama semua stakeholder,” ucap Lulus saat mengisi acara rapat koordinasi dengan stakeholder Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blora 2020, Minggu (04/10/2020).

Bacaan Lainnya

Lulus mengungkapkan definisi kampanye unsurnya dimaknai alternatif karena mempertimbangkan aspek yang lebih komprehensif sampai dengan metode kampanye antara lain pemasangan APK, penyebaran bahan kampanye, iklan kampanye dan lainnya.

Lulus juga menyampaikan bahwa upaya lainnya adalah melakukan rekrutmen pengawas TPS sebanyak 2.198 sesuai jumlah TPS yang dikeluarkan KPU.

“Hari ini kita mulai rekrutmen Pengawas TPS sesuai dengan jumlah TPS yang dibutuhkan KPU,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Lulus mengatakan perekrutan tersebut juga akan mengawasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) di tingkat desa.

“Jajaran terdepan pengawas kami akan mengawal penetapan pemilih tingkat desa,” pungkasnya.
(Jay)


Loading...

Pos terkait

Loading...