HUT Ke 75 TNI, Kodim Pati Gelar Syukuran Secara Sederhana

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Pati – Puncak acara peringatan HUT ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kodim 0718/Pati menggelar syukuran secara sederhana. Perayaan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang selalu dirayakan dengan acara hiburan dan kesenian dikarenakan masih dalam suasana pandemi covid-19.

Kegiatan ini dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Pati serta tokoh masyarakat, Veteran, Ketua FKPPI, PPM, Hipakad serta undangan lainnya dengan protokol kesehatan yang ketat dan dipusatkan di aula suluh bakti, Makodim 0718/Pati pada Senin, (05/10/2020).

Bacaan Lainnya

Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani, SE, MI.Pol, dalam sambutannya menyampaikan sejarah singkat terbentuknya TNI.

“Keberadaan TNI tidak lepas dari perjuangan dan perkembangan dari sejarah bangsa ini. TNI merupakan bagian berasal dari rakyat dan untuk rakyat yang terbentuk pada awalnya dari Badan Keamanan Rakyat merupakan gabungan dari laskar-laskar serta pejuang,” ujar Letkol Adi.

Dandim 0718/Pati menambahkan bahwa tanggal 5 Oktober juga merupakan Hari Jadi Kodam IV/Diponegoro yang saat ini ke-70. Dengan mengusung tema Sinergi Untuk Negeri dalam peringatan HUT ke-75 TNI ini, lanjut Dandim, adalah dimaksudkan dalam membangun Bangsa Indonesia yang besar tidak bisa sendiri-sendiri namun harus bersinergi semua pihak.

“Ini mengutip pidato yang disampaikan oleh Letnan Jenderal Urip Sumoharjo bahwa aneh Negara tanpa tentara sehingga dibentuklah TKR (Tentara Keamanan Raktyat) pada tanggal 5 Oktober 1945 sehingga pada tanggal itulah yang dijadikan sebagai hari kelahiran TNI,” terangnya.

Sementara itu Bupati Pati H. Haryanto, SH, MM, M.Si, dalam acara tersebut turut mengucapkan selamat hari Ulang Tahun ke-75 TNI.

“Tidak terasa TNI sudah berulang tahun ke-75 dan usia yang sudah lanjut dan melebihi usia kanjeng Nabi Muhammad SAW. HUT TNI hari ini diperingati secara sederhana, namun tidak menghilangkan perjalanan sejarah panjang yang dirintis TNI pada waktu itu yang sudah berkali-kali berubah nama sampai dengan ABRI terdiri tiga angkatan dan Polri kemudian hingga menjadi TNI kembali. Namun tidak menjadikan perpecahan di tubuh angkatan ke empat ini, justru saling sinergi dan saling memperkuat satu sama lain yang patut kita contoh dalam rangka untuk mempertahankan keamanan Negara maupun daerah,” papar Haryanto.

“Saya sebagai kepala daerah mengucapkan banyak terimakasih kepada Pak Dandim dan jajaranya yang telah bersinergi bersama pemerintah daerah dalam kamtibmas bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas ditingkat desa,” ucap Bupati.

Sebelum acara syukuran oleh Kodim 0718/Pati dimulai, tidak ketinggalan Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafa’at, SIK, bersama jajarannya juga memberikan kejutan dengan membawa kue ulang tahun serta spanduk ucapan selamat hari ulang tahun ke-75 Tentara Nasional Indonesia yang menunjukkan keharmonisan serta sinergitas dua Institusi tersebut yang terjaga dengan sangat baik.
(Jay/PndPati)


Loading...

Pos terkait

Loading...