Pangkoopsau III Resmi Buka Latihan Antar Satuan “Kasuari Perkasa 2020”

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – Panglima Koopsau III Marsda TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M membuka secara resmi latihan antar satuan Koopsau lll dengan sandi Kasuari Perkasa 2020 yang dikuti oleh seluruh komandan unsur jajaran Koopsau lll dan para Wasdal, Penilai serta pelaku latihan yang digelar secara virtual di ruang rapat Markas Koopsau lll Biak.

Pangkoopsau lll dalam sambutannya menjelaskan, sehubungan masih maraknya pandemi Covid-19, maka pembukaan dan geladi posko dilaksanakan secara virtual.

“Hal ini bertujuan untuk menguji kemampuan, kesiapan operasional dan uji prosedur tetap Lanud di jajaran Koopsau lll dalam menghadapi setiap bentuk ancaman nyata dan mungkin terjadi,” kata Pangkoopsau III, Selasa (6/10/2020).

Karena latihan ini merupakan latihan antar satuan yang pertama kali dilaksanakan di jajaran Koopsau III, maka Pangkoopsau III berharap, semua unsur dapat mengerti dan memahami betul, apa saja yang harus dilaksanakan pada saat latihan, sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Pangkoopsau III selaku Pimpinan Umum Latihan menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dalam pelaksanaan latihan antara lain; Semua unsur dalam latihan hendaknya mengerti dan memahami seluruh tahapan latihan, Laksanakan latihan dengan sungguh-sungguh sesuai fungsi serta tugasnya.

Selain itu, Perhatikan mekanisme atau prosedur hubungan komando dan staf serta unsur-unsur dalam proses perencanaan operasi yang disesuaikan dengan rencana kontinjensi, dan Tingkatkan sistem kerjasama taktis dan teknis antar satuan atau komando, serta Perhatikan faktor keselamatan terbang dan kerja dalam latihan.

Direktur Latihan Kolonel Pnb Agus Setyawan usai acara pembukaan Latihan menjelaskan, peserta latihan langsung melaksanakan geladi posko dan Tactical Air Manuvering Game (TAMG) guna memberikan bekal kepada peserta, agar mampu merencanakan dan melaksanakan Operasi Gabungan, khususnya meningkatkan pemahaman dan pengalaman tentang Operasi Gabungan.

Untuk diketahui dalam latihan satuan tersebut, akan dilaksanakan Manuver Lapangan pada tanggal 9 hingga 10 oktober 2020 di Lanud Leo Wattimena Morotai. (JER)


Loading...

Pos terkait

Loading...