HSN 2020, BPS Blora Gelar Baksos Donor Darah

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Dalam rangka peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Blora bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar bakti sosial (baksos) donor darah.

Kegiatan kemanusiaan itu digelar di kantor BPS Blora, dengan menerapkan protokol kesehatan, Jumat (9/10/2020).

Bacaan Lainnya

Kepala BPS Blora, Drs. Heru Prasetyo, mengatakan kegiatan donor darah ini, bagian dari beberapa kegiatan lainnya dalam rangka HSN sebagai bentuk kepedulian antar sesama dan rasa kemanusiaan dalam upaya membantu sesama, karena setetes darah yang disumbangkan akan sangat berarti untuk mereka.

“Alhamdulillah, saya juga ikut donor darah.Tadi hasilnya 11 organik, 3 DWP, mitra statistik 7, komunitas KKCI (Kijang Kapsul Community Indonesia) Chapter Blora 5, warga sekitar 6. Jadi hasilnya 32 kantong darah,” urainya.

Heru menyebutkan, menurut info PMI, saat pandemi seperti sekarang ini stok darah di PMI menipis. Ia juga menjelaskan bahwa tanggal 26 September adalah HSN. Perayaan HSN mempunyai makna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya statistik, meningkatkan peran serta masyarakat dalam statistik dan mendorong para pelaku statistik untuk terus melakukan kegiatan statistik sesuai kaidah yang berlaku.

“Bahwa HSN bukan hari ulang tahunnya BPS, akan tetapi HSN merupakan hari peringatan Nasional yang ditetapkan oleh Pemerintah sebagaimana layaknya hari-hari nasional yang lain, sehingga HSN adalah milik seluruh komponen bangsa termasuk di dalamnya adalah Insan BPS,” jelasnya.

Dengan memperingati HSN diharapkan seluruh komponen bangsa semakin sadar akan pentingnya data statistik. Masyarakat luas sebagai responden diharapkan selalu memberikan data yang benar sesuai dengan keadaan yang sebenarnya di setiap sensus dan survey. Sehingga akan diperoleh data yang berkualitas yang akan membawa bangsa dan negara ke arah Indonesia Maju.

“Sesuai tema HSN tahun 2020 Data Berkualitas untuk Indonesia Maju,” tegasnya.

Heru menambahkan disamping ada kegiatan baksos donor darah, juga ada pembagian paket sembako dari Dharma Wanita BPS Blora untuk warga kurang beruntung di tengah pandemi Covid-19.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran kegiatan ini,semoga sumbangsih ini menjadi amal ibadah bagi para pendonor,” tambahnya.

Baksos donor darah ini, selain diikuti dari jajaran pegawai BPS, Dharma Wanita juga diikuti organisasi kemasyarakatan terkait, masyarakat umum dan KKCI serta pewarta media.
“Semoga memotivasi untuk peduli sesama, terutama saat pandemi ini,” ungkap Sumardi dari media online Memopos.
(Jay)


Loading...

Pos terkait

Loading...