Antisipasi Pembalakan Liar, Polsek Banjarejo Gandeng Perhutani Intensif Patroli Hutan

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Untuk mencegah pembalakkan liar, serta kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora Jawa Tengah, Polsek Banjarejo Polres Blora intensif melakukan patroli hutan.

Kapolsek Iptu Sumaryono, SH, MH memimpin langsung patroli gabungan bersama Perhutani tersebut. Kapolsek menjelaskan bahwa sesuai dengan instruksi dari Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan, SIK, M.Hum, Kepolisian harus aktif dalam menjaga kelestarian hutan. Selain untuk antisipasi pembalakan liar, patroli hutan juga digelar untuk antisipasi karhutla.

Bacaan Lainnya

“Patroli kita lakukan setiap hari baik siang ataupun malam dan dengan rute yang berubah ubah,” ucap Kapolsek Banjarejo, Sabtu (10/10/2020).

Adapun rute patroli gabungan Polsek Banjarejo bersama perhutani hari ini menyusuri kawasan Hutan Jati BKPH Temetes turut tanah wilayah Desa Jatiklampok.

“Kita gandeng Perhutani karena merekalah yang memahami rute dan situasi di hutan, sehingga kegiatan bisa lebih maksimal,” tandas Iptu Sumaryono.

Sementara itu, untuk antisipasi kebakaran hutan dan lahan, mantan Kapolsek Bogorejo ini mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengerahkan anggota terutama Bhabinkamtibmas untuk menyampaikan imbauan kepada warga, terutama masyarakat sekitar hutan agar tidak membakar hutan saat membuka lahan pertanian baru.

“Kami imbau warga untuk ikut aktif berperan menjaga kelestarian hutan, jangan sampai membuka lahan baru dengan cara membakar hutan, karena bisa menimbulkan kebakaran, apalagi jika tidak ada yang mengawasi,” pungkas Kapolsek Banjarejo.
(Jay)


Loading...

Pos terkait

Loading...