Biaya Swab Test Rp 900 Ribu, Dulu di Blora Gratis

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Kesehatan akhirnya mengikuti kebijakan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menetapkan standar tarif Swab Test atau Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) di Rumah Sakit atau lainnya sebesar Rp 900 ribu (sembilan ratus ribu rupiah). Hal itu disampaikan pejabat pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora dokter Henny Indiyanti.

“Karena itu kebijakan dari pusat, tentu akan ditaati. Selama ini Swab Test PCR yang dilaksanakan di Puskesmas gratis,” tegasnya, Sabtu (10/10/2020).

Bacaan Lainnya

Henny menambahkan, pemberlakuan tarif Swab Test PCR Rp 900 ribu perlu adanya pengawasan agar tidak lebih.

Terkait perkembangan penanganan Covid-19, berdasarkan update terakhir monitoring data Covid-19 Kabupaten Blora, Sabtu (10/10/2020) pukul 12.40 WIB menunjukkan angka kesembuhan Covid-19 di Blora semakin meningkat.

Dari jumlah kasus positif Covid-19 sebanyak 556, dinyatakan sembuh sebanyak 433 orang atau bertambah 12 dari sebelumnya. Sedangkan dirawat di rumah sakit 10 orang, isolasi mandiri 80 orang dan meninggal dunia 33 orang.

Adapun jumlah pemeriksaan swab yang dilakukan oleh Pemkab Blora melalui Dinas Kesehatan sebanyak 4.829 orang.

Batasan tarif tertinggi untuk pemeriksaan RT-PCR termasuk pengambilan swab adalah Rp 900 ribu. Batasan tarif tersebut berlaku untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan RT-PCR atas permintaan sendiri/mandiri.

Penetapan harga swab test dilakukan melalui kerja sama Kemenkes dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Batasan tarif tertinggi itu tidak berlaku untuk kegiatan penelusuran kontak atau rujukan kasus COVID-19 ke rumah sakit yang penyelenggaraannya mendapatkan bantuan pemeriksaan RT-PCR dari pemerintah atau merupakan bagian dari penjaminan pembiayaan pasien COVID-19.

Sebelumnya, dilansir dari detik.com BPKP telah melakukan survei harga swab test dengan biaya tertinggi adalah Rp 2,8 juta berada di daerah Sulawesi dan terendah sekitar Rp 200 ribu di Jawa Tengah. Jika dirata-rata, maka harga swab test sekitar Rp 1,4 juta. BPKP sempat mengusulkan harga swab test Rp 797 ribu per spesimen untuk perseorangan dan Rp 439 ribu per spesimen untuk kontraktual.
(Jay)


Loading...

Pos terkait

Loading...