BPJS Kesehatan Biak Gelar Sosialisasi Program Relaksasi Tunggakan Iuran dengan Jurnalis Mitra

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – Pada masa pandemi Virus Corona (Covid-19) BPJS Kesehatan memberikan relaksasi untuk meringankan tunggakan iuran peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Untuk mensosialisasikan program tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Biak menggandeng media untuk penyebaran informasi kepada masyarakat, yang ditindaklanjuti dengan sosialisasi bersama perwakilan wartawan se-wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Biak. Dalam acara Coffe Morning, Selasa (13/10/2020) kemarin.

“Sejauh ini di Kabupaten Biak Numfor atau pada wilayah kerja kami di kantor cabang Biak Numfor, rekan-rekan media sudah sangat mendukung program kita,” ungkapnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Biak, Budi Sukwara, SKM., MH.Kes, Selasa (22/9) kemarin, menjelaskan, Program relaksasi tunggakan untuk peserta JKN-KIS segmen peserta pekerja bukan penerima upah (PBPU), dan pekerja penerima upah (PPU) badan usaha (BU).

“Disamping itu, kegiatan sosialisasi kepada rekan media diharapkan penyebaran informasi relaksasi kepada masyarakat lebih luas, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan program tersebut”, tutur dia.

Pemberian relaksasi pembayaran tunggakan iuran di tengah pandemi Covid-19 ini, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 64 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Nur Hidayat Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta mengatakan, program relalsasi tunggakan iuran selain untuk memberikan keringan pembayaran tunggakan peserta JKN-KIS.

“Program ini juga memberikan peluang agar kepesertaan program JKN-KIS tetap aktif dan mendapatkan pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Hidayat menambahkan, kebijakan ini memungkinkan peserta melunasi tunggakan iuran awal sebanyak 6 bulan dan sisa tunggakan dapat dilunasi sampai dengan desember tahun 2021.

Peserta dapat mendaftarkan diri ke kanal-kanal yang telah disiapkan oleh BPJS Kesehatan di antaranya aplikasi Mobile JKN, BPJS Care Center 1500 400, atau datang ke kantor cabang. Disamping itu, peserta yang telah mendaftar dalam program relaksasi iuran, dapat juga mengikuti program cicilan iuran, dengan maksimal mengangsur iuran hingga akhir Desember Tahun 2021. (JER)


Loading...

Pos terkait

Loading...