Pangkoopsau III Tinjau Lokasi Pengembangan Detasemen TNI AU Wamena Menjadi Lanud Tipe “C”

  • Whatsapp

ANALISAPU LIK.COM | Biak Numfor – Panglima Koopsau III Marsda TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M meninjau langsung Detasemen TNI AU Wamena, untuk mengecek kesiapan lahan yang akan digunakan sebagai lokasi pembangunan dan pengembangan Detasemen TNI AU Wamena menjadi Lanud Tipe “C” di Wamena Kabupaten Jayawijaya.

Kedatangan Pangkoopsau III dengan mengunakan pesawat khusus CN-235 A-2318 yang diterbangkan langsung oleh Komandan Skadron Udara 27 Mayor Pnb Yoga Wiwit, R.S.T. disambut hangat oleh Komandan Detasemen TNI AU Wamena Letkol Pnb Kholik serta pejabat Forkompimda dan Tokoh Adat Wamena.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Jayawijaya Marthin Yogobi, S.H., M.Hum., Wakil Ketua 1 DPRD Nikko Kossay, Kepala BPKAD Heron Hubi, Kepala UPBU Kelas I Wamena Faisal Marasabessy, Kepala BKKBN Heri Mabel, Kepala BPN Yuli Randa, Ketua 1 LMA Herman Doga, Kepala RSUD Wamena dr. Felly Sahureka, Kapolres Jayawijaya AKBP Dominggus Rumaropen serta pejabat lainnya.

Dari keterangan pers pada Rabu (21/10/2020) di Biak menyatakan, dalam diskusi singkat di ruang pertemuan Detasemen Wamena, Pangkoopsau III menjelaskan bahwa keberadaan bandara Wamena merupakan objek yang sangat vital dan strategis baik dari segi pertahanan negara maupun pembangunan wilayah khususnya Kabupaten Jayawijaya.

“Sarana transportasi yang paling cepat dan efektif adalah jalur udara. Misalnya, jika terjadi bencana alam atau kerusuhan, maka keberadaan bandara Wamena akan sangat vital dalam membantu proses penanganan bencana maupun bantuan evakuasi korban dan logistik,” kata Pangkoopsau.

Sementara itu Wakil Bupati Jayawijaya menyambut baik gagasan pengembangan Detasemen TNI AU Wamena menjadi Lanud Tipe “C” dibawah jajaran Koopsau III, dan Pemerintah Daerah dengan masyarakat adat sangat mendukung, terutama dalam mencari solusi untuk pengadaan lahan yang akan digunakan sebagai fasilitas penerbangan dan perkantoran, sehingga diharapkan tahun 2021 mendatang sudah tersedia lahan bagi pembangunan Lanud Wamena. (JER)


Loading...

Pos terkait

Loading...