SMKN 1 Rejotangan sebagai sekolah kejuruan CoE di Tulungagung

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Tulungagung.Setelah melalui tahapan seleksi administrasi, verifikasi, dan bimtek yang diselenggarakan oleh Direktorat SMK Kemendikbud RI,secara resmi SMKN 1 Rejotangan Tulungagung ,Jumat (18(09/2020) ditetapkan sebagai sekolah yang dikembangkan menjadi Pusat Keunggulan (Center of Excellence) Kerja Sama Luar Negeri -CoE KLN- Tahun 2020.

SMKN 1 Rejotangan merupakan satu-satunya SMK di Tulungagung yang lolos seleksi CoE Kerja Sama Luar Negeri Tahun 2020 ini.

Center of Excellence (CoE) merupakan program dari Direktotat SMK Kemendikbud sebagai upaya menindak lanjuti Intruksi Presiden Nomor 9 tahun 2016,tentang Revitalisasi Sekolah Kejuruan.Sehingga melalui program tersebut diharapkan bagi siswa lebih berkompeten di keahlian OKTP.
Adapun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemedikbud) telah salah satu sekolah terbaik yang ada di Jawa Timur sebagai sekolah CoE yang merupakan implementasi kebijakan merdeka belajar.

Oleh karena itu dalam kesempatan yang istimewa ini,Kepala SMKN 1 Rejotangan,Drs.Masrur Hanafi,.M.M mohon doa restu serta dukungan bapak ibu wali murid semua semoga SMKN 1 Rejotangan mampu menjaga amanah untuk mewujudkan cita-cita mulia menjadi Center of Excellence (CoE) sehingga tamatannya semakin unggul, kompeten, dan berdaya saing global.
M.Hanafi mengungkapkan dari 14.000 SMK di Indonesia sebanyak 406 ditetapkan sebagai SMK CoE,serta 70 SMK CoE di bidang Hospitality.Hal ini diharapkan untuk membentuk lulusan yang mampu beradaptasi dengan budaya kerja nyata.

“Target kami yang harus sukses yakni pencapaian lima paket Direktur Jenderal (Dirjen) vokasi dengan tujuan keterserapan lulusan ke dunia usaha,dunia kerja dan dunia industri bisa maksimal.Selain itu juga membentuk lulusan yang punya soft skill serta adaptasi dengan dunia kerja l,”ungkap Hanafi saat ditemui awak media ,Selasa (20/10/2020).

“Adapun hal lainnya yaitu menyelaraskan kompetensi lulusan sesuai dengan jurusan kompetensi yang dikehendaki oleh industri dunia kerja secara nyata atau yang kontektual,”tambah Hanafi.

SMKN 1 Rejotangan yang juga dijuluki dengan sebutan SMK RATU ini juga banyak menorehkan prestasi baik ditingkat nasional maupun internasional.SMK ini juga rutin mengikut sertakan siswa dan siswinya dalam kompetisi maupun kegiatan dari tingkat kabupaten,provinsi,nasiomal maupun internasional.Di SMK ini terdapat tujuh jurusan yaitu TKR,TSM,TKJ,AP,AK,KPR dan TEI.

“Mental berprestasi memang sudah kita pupuk sejak siswa masuk SMKN mulai PPDB melalui jalur prestasi baik akademik maupun non akademik,”pungkas Hanafi.(Endi sunaryo)


Loading...

Pos terkait

Loading...