Bhabinkamtibmas Polsek Jiken Sambangi Kebun Gizi di Desa Bangowan

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Bhabinkamtibmas Desa Bangowan Polsek Jiken Polres Blora Bripka Nyamat Ari Widodo, ST menyambangi kebun gizi milik bapak Imam warga dukuh Banyubang RT 04/02 Desa Bangowan Kecamatan Jiken Kabupaten Blora, Kamis, (22/10/2020).

Dalam kebun gizi tersebut terdapat tanaman buah dan sayur dengan memanfaatkan sistem hidroponik. Adapun tanaman sayur yang sudah ada adalah daun mint, sawi organik, selada serta pokcoy.

Bacaan Lainnya

Dalam sambang tersebut, Bhabinkamtibmas memberikan motifasi kepada pemilik kebun agar terus semangat untuk mengembangkan usaha kebun gizi yang telah dirintis ini apalagi dimasa pandemi Covid-19 seperti ini, dimana warga harus bisa kreatif dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di wilayah.

“Untuk mendukung perekonomian di tengah pandemi, kita motifasi warga, terutama bapak Imam untuk terus mengembangkan usaha kebun gizi yang telah ada,” ungkap Bripka Nyamat.

Bripka Nyamat menambahkan jika ada kendala ataupun masalah dalam usaha kebun gizi tersebut, pihaknya siap memberikan solusi tentunya dengan menggandeng Dinas Pertanian yang sudah berpengalaman di bidangnya.

“Dan jika ada kendala, kami siap membantu untuk memfasilitasi dengan dinas terkait agar hasil panen kebun gizi ini lebih maksimal,” tambahnya.

Sementara itu, Imam pemilik kebun gizi menceritakan bahwa dirinya mulai merintis kebun gizi berawal dari tahun 2018 dimana dirinya mendapatkan modal awal dari uang Jamsostek yang didapat saat keluar kerja dari salah satu perusahaan swasta di Surabaya. Dengan modal itulah Imam merintis usaha kebun gizi, hingga akhirnya saat ini Imam bisa merasakan manfaatnya, dimana hasil penjualan dari panen kebun gizinya bisa menambah penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk pemasarannya sendiri, selain dijual di pasaran Blora, Imam juga memasarkan hasil kebun gizinya melalui media sosial.

“Awal-awal sempat susah juga memasarkan sayuran seperti ini di Blora, namun berkat saran dari Pak Bhabinkamtibmas agar dipasarkan secara online. Alhamdulilah sekarang kita punya komunitas sendiri, dimana anggotanya bukan hanya dari Blora, namun ada juga dari luar kota. Sehingga pemasaran jadi lebih mudah,” cerita Imam.

Untuk diketahui, selain bisa dikonsumsi untuk asupan gizi, tanaman sayur hidroponik juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias sebagai hiburan saat di rumah.

“Selain untuk konsumsi banyak juga pembeli yang memesan untuk dijadikan hiasan di rumah,” pungkas Imam.

Sementara itu, Kapolsek Jiken Iptu Nur Dwi Edi,SH,MH menyampaikan bahwa pihaknya mendukung penuh kegiatan yang dilakukan oleh Bripka Nyamat, Kapolsek menekankan bahwa anggota Polri harus bisa dekat dengan warga dan bisa memposisikan diri serta mawas diri dalam pergaulan, sehingga jika dekat dengan warga maka akan lebih mudah untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif, terutama di desa binaan.

“Jika setiap Bhabinkamtibmas bisa kompak bersama seluruh elemen masyarakat, maka akan lebih mudah dalam menjaga kondusifitas wilayah,” kata Kapolsek Jiken.
(Jay)


Loading...

Pos terkait

Loading...