Peringatan Maulid Nabi di Tengah Pandemi Ala Kodim Pati

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Pati – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H/2020 M, Kodim 0718/Pati menggelar pengajian secara sederhana dan terbatas untuk internal.

Kegiatan dengan tema Tingkatkan Semangat Kepedulian Kepada Sesama Ditengah Pandemi Covid-19 ini dilaksanakan di mushalla Al Falah, Makodim 0718/Pati, Senin (26/10/2020).

Bacaan Lainnya

Acara pengajian yang digelar ini dengan penceramah Kasdim 0718/Pati Mayor Inf Much Sholihin, S.Ag, M.Si selama kurang lebih satu jam kepada Perwira Staf, anggota militer serta ASN Makodim Pati.

Dalam ceramahnya, Kasdim 0718/Pati menyampaikan makna peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul awal 1442 H atau tepatnya hari Kamis (29/10) depan.

“Nabi Muhammad SAW sebagai nabi besar penuntun untuk ke jalan yang lurus bagi seluruh umat Islam yang ada di dunia dan satu-satunya figur yang tidak tergantikan dalam sejarah sehingga mampu memberikan pengaruh di alam ini. Karena yang muncul dari Rosulullah Muhammad adalah wahyu dari Allah SWT, budi pekerti yang agung karena lahirnya beliau sudah disambut oleh malaikat dan semua yang ada di alam ini bertasbih kepada Allah karena lahirnya Nabi Muhammad sebagai penutup para Nabi,” ungkap Kasdim.

Mayor Sholihin juga menceritakan tentang sejarah dan kisah hidup nabi Muhammad dari masa kecil hingga dewasa dan diangkat sebagai nabi.

“Nabi Muhammad terkenal dengan panggilan Al Amin yang artinya terpercaya terlahir sebagai anak yatim,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kasdim berpesan supaya mengenal lebih dekat dan mempertebal kecintaan kepada Nabi Muhammad dengan mempelajari dari sejarah dan apa saja yang ditinggalkan Nabi untuk umatnya.

“Intisari berikutnya adalah untuk dapat mencontoh serta meneladani akhlak mulia nabi Muhammad SAW. Paling tidak dengan menerapkan empat sifat nabi Muhammad yakni : Shidiq, Amanah, Tabligh dan Fathonah sehingga kita bersemangat dalam menjalankan dan mensyiarkan ajaran agama Islam terutama adalah dengan menjalankan syariat agama Islam terutama shalat 5 waktu, puasa dan semua kebaikan yang diajarkan dalam agama Islam,” pungkas Kasdim.
(Jay/PndPati)


Loading...

Pos terkait

Loading...