Dinas syariat islam kabupaten gayo lues melaksanakan Sidang istbat nikah.

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK COM| GAYO LUES.
Kegiatan ini di laksanakan di  pendopo bupati gayo lues,turut hadir dalam kegiatan ini bupati gayo lues, kepala dinas syariat islam,ketua mahkamah syariat islam, kepala pengadilan agama, kepala urusan agama blangkejeren.
Dan 78 peserta, di tambah  setiap pasangan juga hadir dua  orang saksi.selasa(27/10)
Dalam sambutan bupati gayo lues  H. Muhammad amru mengatakan bahwa perkawinan itu adalah baru bisa di akui bila sudah tercatat di buku negara.
Di jaman sekarang ini lebih banyak masyarakat  melakukan perkawinan di bawah tangan, walaupun sudah sah menurut adat dan agama namun belum tercatat di buku negara.
Kepala dinas syariat islam mengatakan bahwa jumlah  pasangan di seluruh kabupaten gayo lues dengan jumlah  520 pasangan, yang mana untuk kecamatan blangkejeren berjumlah 78 pasangan  dari beberapa desa dalam kecamatan blangkejeren hanya beberapa desa yang tidak ikut  yaitu  desa kampung Jawa, sepang, durin, aih sejuk.


Kepala dinas syariat islam berharap agar semua  masyarakat gayo lues yang sudah menikah memiliki buku nikah dan tercatat di  buku negara.

Kadis syariat islam juga menambahkan, agar masyarakat kita yang akan menikah atau pun  melakukan kawin lari agar  melaporkan ke  kantor urusan agama  supaya nanti semua nya  dapat tercatat di kantor urusan agama  pintanya. Bila nanti kita  menjumpai pasangan belum cukup umur,maka pihak keluarga bisa minta konpensasi ke kantor urusan agama.
Kepala kantor urusan agama  kecamatan blangkejeren juga mengucapkan terima Kasih kepada dinas syariat islam yang telah menganggarkan dana untuk melaksanakan kegiatan ini.

Memang masyarakat kita masih banyak yang tidak memiliki kutipan buku nikah. Dan kita berharap dengan ada nya kegiatan ini kita bisa mengurangi dan meminalisir
Masyarakat yang tidak memiliki  kutipan buku nikah.Kepala kantor urusan agama kecamatan blangkejeren berpesan kepada masyarakat gayo lues,yang anak nya mau melakukan pernikahan,agar anaknya mau melaporkan,diri ke KUA setepat.(AMIN LINGGA).


Loading...

Pos terkait

Loading...