Tekan Penyebaran Covid-19, Mahasisawa UIN Walisongo Sukseskan Posbindu-PTM

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Semarang – Kegiatan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) di Kelurahan Patemon Kecamatan Gunungpati Kota Semarang kembali digiatkan di era new normal setelah hampir tiga bulan vakum lantaran adanya covid-19.

Posbindu merupakan salah satu usaha kesehatan masyarakat yang bertujuan untuk memajukan dan mencegah penanggulangan penyakit tidak menular (PMT) melalui peran serta masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi.

Bacaan Lainnya

Adapun kegiatan yang dilakukan di Posbindu diantaranya pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar perut, pengukuran berat badan, pengukuran tekanan darah, kolesterol, kadar gula darah, dan pengukuran asam urat.

Kegiatan posbindu ini diikuti seluruh warga mulai usia 16-60 tahun di RW 08 Kelurahan Patemon yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN DR kelompok 45 bersama kader kesehatan RW 08 kelurahan setempat.

Novriel Rindhu Salsabila, salah satu anggota KKN mengatakan bahwa dengan adanya posbindu ini menjadikan fasilitas bagi masyarakat terutama lansia untuk memeriksakan diri secara rutin.

”Jika ada hal-hal yang tidak diinginkan, dapat dideteksi dan ditangani dengan cepat dan tepat, karena kesehatan merupakan salah satu modal untuk bekerja dalam kehidupan sehari-harinya,” ucap Novriel, Senin (09/11/2020).

Sementara itu, Titik Mariyanti, Ketua kader kesehatan di RW 08 Patemon mengatakan bahwa Pemerintah Kelurahan Patemon terus berupaya meredam penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan memberikan perhatian khusus pada kesehatan kelompok rentan seperti lansia dan penderita penyakit penyerta.

“Upaya untuk mengurangi risiko kematian bagi kelompok rentan adalah dengan meluncurkan kembali program Posbindu-PTM (Pos Binaan Terpadu- Penyakit Tidak Menular) yang tidak dilaksanakan selama pandemi. Posbindu kali ini akan fokus menangani masalah usia lanjut dan penyakit bawaan,” ujar Titik Mariyanti.

Pihaknya menyambut baik kontribusi KKN UIN Walisongo bagi keberhasilan program Posbindu-PTM.

“Saya berharap seluruh peserta Posbindu-PTM baik lansia maupun remaja di RW 08 Patemon bisa merasakan manfaat KKN UIN Walisongo. Terimakasih KKN UIN Walisongo,” pungkasnya.
(Jay)


Loading...

Pos terkait

Loading...