Antisipasi Bencana Alam, Polres Gelar Apel Gabungan Kesiapan

  • Whatsapp

ANALISAPUNLIK.COM | Biak Numfor – Polres Biak Numfor menggelar apel pasukan mengantisipasi penanganan dampak bencana alam. Di Lapangan Taruna Bhayangkara, Polres Biak, Jumat (13/11/2020).

Turut hadir dalam apel itu, Kapolres Biak Numfor AKBP Andi Yoseph Enoch, SIK, Danki Brimob Biak Iptu Sutriyono dan perwira TNI lainnya.

Bupati Biak, Herry Ario Naap, S. Si. M. Pd dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Assisten II Setda Biak, Ferry Betay, SH. MM menyampaikan, apel gabungan dalam rangka kesiapsiagaan mengantisipasi bencana alam tahun 2020, merupakan bentuk perhatian dari Polres Biak Numfor terhadap kondisi di Biak.

“Apel ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana alam dan terpenting mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut peduli terhadap lingkungan dan usaha penanggulangan bencana agar masyarakat di Biak mengerti tanda adanya bencana, penanggulangannya dan selamat dari bencana,” kata bupati.

Dijelaskan bupati, apel tersebut juga merupakan momentum sinergitas dan konsolidasi bagi satuan pelaksana penanggulangan bencana alam.

“Bencana alam sulit diprediksi namun bisa melakukan langkah – langkah antisipasi untuk meminimalisir dampak yang timbul karna bencana,” tutur bupati dalam sambutan tertulisnya.

Usai apel gabungan, Kapolres Biak Numfor AKBP Andi Yoseph Enoch, SIK dalam wawancara bersama wartawan di tempat yang sama menjelaskan, fenomena iklim global yang sedang terjadi adalah badai La Nina. Untuk itu perlu kewaspadaan serta antisipaai sejak dini.

“Kita di Biak ada beberapa hal yang perlu kita waspadai diantaranya perubahan cuaca dan kondisi laut, karena kita disini rawan gempa bumi dan sunami. Itu yang perlu diwaspadai,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk menyiapkan personil dan juga peralatan kata Kapolres, hari ini dilaksanakan apel gabungan, sehingga manakalah terjadi bencana sudah tanggap terhadap situasi yang terjadi.

“Kepada masyarakat kami himbau agar lebih waspada kepada perubahan cuaca yang drastis, kalau tidak memungkinkan untuk melaut tidak perlu untuk melakukan aktifitas pelayaran”, tegas Kapolres.

Mewakili pemerintah daerah, Assiten II Setda Biak, Ferry Betay mengharapakan ada koordinasi yang baik dalam menghadapi bencana alam.

“Kami berharap apel gabungan ini semua elemen masyarakat, dinas terkait, dan TNI POLRI dapat bekerjasama lintas sektor dalam menghadapi bencana alam yang tidak tau kapan dapat saja terjadi apalagi sekarang ini terjadi perubahan cuaca yang extream,” tutupnya. (JER)


Loading...

Pos terkait

Loading...