Bawaslu Blora Rekomendasikan Oknum Kepala SD ke KASN

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blora kembali merekomendasikan oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Kali ini, oknum Kepala Sekolah Dasar di Kecamatan Japah yang diduga tidak netral dalam Pilkada 2020.

Melalui pleno Bawaslu Blora dan pembahasan dalam sentra gakkumdu Kamis (12/11/2020) lalu, telah diputuskan laporan masyarakat berkaitan netralitas ASN terbukti melanggar pelanggaran hukum lainnya dalam hal ini UU ASN nomor 5 Tahun 2014.

Bacaan Lainnya

Kemudian Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2004 Tentang Pembinaan Jiwa Korps Dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil. Juga Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, dimana ASN atau PNS diharuskan netral dalam Pemilu maupun Pilkada.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Blora, Sugie Rusyono, penyampaian rekomendasi ke KASN direncanakan Jumat (13/11/2020) hari ini.

“Segera setelah kami plenokan dan bahas dengan sentra gakkumdu, Jumat akan kami sampaikan rekomendasi Bawaslu Blora ke KASN,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Blora, Lulus Mariyonan, menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen akan tegas menindak pelanggaran dalam Pilkada untuk mewujudkan keadilan. Berkaitan dengan pelanggaran ASN yang telah diputuskan, pihaknya merasa prihatin dan berharap peristiwa yang melibatkan ASN dalam politik praktis tidak terjadi lagi.

“Seperti yang telah saya sampaikan beberapa waktu yang lalu, Bawaslu Blora akan tegas jika ada pelanggaran. Pun dengan netralitas ASN, ini menjadi fokus pengawasan kami selain politik uang,” tegas Lulus.

Kali ini laporan masyarakat dengan Nomor Register : 003/Reg/LP/PB/Kab/14.10/XI/2020 telah diterima Bawaslu Blora tanggal 9 November 2020. Dengan terlapor berinisial LKS yang merupakan Kepala SDN di wilayah Kecamatan Japah, Kabupaten Blora.
(Jay)


Loading...

Pos terkait

Loading...