Forum Genre Blora Resmi Dikukuhkan Bupati

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Kepengurusan Forum Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Blora periode 2020-2022 secara resmi dikukuhkan Bupati Blora, Djoko Nugroho pada Sabtu, (14/11/2020) di Seloparang.

Dalam sambutannya, Bupati mengapresiasi penyelenggaraan acara ini.

Bacaan Lainnya

“Bagus sekali acara ini, khidmat sekali. Di masa pandemi ketika diperdengarkan lagu Indonesia Raya, semua berdiri tegap dan tidak ada yang bersuara. Memang seharusnya seperti ini,” ucap Djoko Nugroho.

Bupati mengingatkan peran serta remaja yang tergabung dalam Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) untuk mencegah pernikahan dini, sex pra nikah dan penggunaan NAPZA.

“Tugas forum ini sangat berat. Tidak kalah beratnya dengan tugas para pemuka agama dan masyarakat untuk mengingatkan pentingnya pencegahan pernikahan dini, mencegah sex pra nikah dan pencegahan penyalahgunaan NAPZA,” kata Bupati

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan bahwa Forum Genre ini untuk kita semua, untuk teman-teman kalian di desa-desa. Terlebih dalam masa pandemi ini, pernikahan usia dini jumlahnya meningkat.

“Bagaimana Forum Genre ini bisa menyampaikan pesan kepada teman-temannya di desa, jangan sampai menjadi generasi yang gagal,” lanjutnya.

Bupati juga menyampaikan bahwa fokus dari Genre itu untuk mendampingi dan memberi pengertian kepada teman-teman di daerah untuk tidak menikah di bawah umur.

“Nek misal e umur e wes pas tapi durung nduwe gawean ya ojo sik (Jika umurnya sudah sesuai tapi belum punya pekerjaan, ya jangan dulu). Karena menikah tidak hanya soal bisa makan atau tidak, tetapi juga kelanjutannya seperti apa. Masa lalu tidak bisa diperbaiki, makanya saya berpesan mulai dari sekarang dipersiapkan dengan baik,” pesan Bupati

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk (Dalduk) dan KB, Achmad Nurhidayat, SH,M.Si, MM menyampaikan bahwa anak-anak yang tergabung dalam Genre ini andalan Dalduk KB untuk mewarnai Kabupaten Blora tercinta.

“Saya laporkan bahwa yang hadir ini 75 anak dari ratusan anak Genre yang berasal 16 Kecamatan di Kabupaten Blora, dikarenakan kondisi saat ini masih pandemi Covid19,” kata Nurhidayat

Lebih lanjut, Nurhidayat menyampaikan bahwa Pusat Informasi dan Konsultasi Remaja (PIK-R) merupakan garda depan pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana yang merupakan Program BKKBN yaitu Bangga Berencana.

“Anda semua..Para Genre diwadahi dalam PIK-R. Kiprah di Kabupaten Blora ditunggu oleh Pemkab Blora. Harus nyata program-programnya,” lanjut Kepala Dalduk KB.

PIK-R di Kabupaten Blora dari jalur masyarakat sejumlah 211 remaja dan PIK-R jalur pendidikan 51 siswa perwakilan dari setiap kecamatan di Kabupaten Blora.

Acara dilanjutkan dengan pelaksanaan Jambore Ajang Kreatifitas Genre 2020 yang diikuti oleh seluruh peserta.
(Jay)


Loading...

Pos terkait

Loading...