Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Biak Gelar Pelatihan Potensi SAR

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – Dalam rangka membina kesiapsiagaan dan prosedur pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan, Basarnas, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Biak menyelenggarakan Pelatihan Potensi SAR.

Kegiatan akan berlangsung selama 3 hari, sejak dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Biak, Gusti Anwar Mulyadi, S.H, Senin (16/11/2020). bertempat di ruang rapat Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Biak.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Biak, Gusti Anwar Mulyadi, S.H, dalam sambutannya pada pembukaan pelatihan menjelaskan, tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan kerjasama antar instansi terkait potensi pencarian dan pertolongan diwilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Biak.

“Latihan ini adalah silahturami dan saling bertukar ilmu, baik Knowledge dan skill individu maupun tim,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan.

Gusti Anwar Mulyadi berharap kepada instruktur dan peserta untuk memanfaatkan kesempatan pada pelatihan tersebut dengan baik untuk nerlatih untuk menjadi tim yang solid, dalam pengembangan tugas – tugas operasi pencarian dan pertolongan kedepan.

“Basarnas tidak dapat bekerja sendiri dalam menjalankan tugas operasi yang menyangkut kemanusian, tentunya membutuhkan bantuan dari instansi terkait maupun organisasi – organisasi yang ada dalam keberhasilan pelaksanaan tugas operasi SAR.” tuturnya.

Mengingat Biak secara geografis merupakan wilayah yang rawan terjadi kondisi yang membahayakan manusia maka, kegiatan pelatihan yang dilaksanakan berfokus pada teknik operasi dan pertolongan di medan ketinggian.

Dalam satu bulan kedepan kata Mulyadi umat Kristen akan menghadapi hari besar keagamaan yaitu Natal dan juga pergantian tahun, namun masih dalam masa pandemi Covid 19 untuk terus patuhi anjuran pemerintah.

“Saya berpesan kepada kita semua, untuk menjaga kesiap siagaan disetiap jajaran, solid dan semangat serta militan dalam bertugas terutama Kantor Pencarian dan Pertolongan Biak. Harus siap dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan SAR dan tetap patuh kepada protokol Covid 19 yaitu 3 M, Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan Menjaga jarak,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Sumber Daya, Alman S. Imbiri, S.E selaku ketua panitia pelatihan dalam laporannya menyebutkan, peserta yang mengikuti pelatihan potensi SAR sebanyak 25 orang, berasal dari TNI POLRI, instansi dan organisasi berpotensi SAR di Biak. (JER)


Loading...

Pos terkait

Loading...