Jelang Debat Publik Pilkada Blora, Ini Persiapan Paslon Umat

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Debat terbuka pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Blora dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 bakal dilaksanakan pada Rabu (25/11) besok pukul 10.00 WIB. Acara ini diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora di Hotel Arra Cepu dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiarkan langsung melalui channel jtvbojonegoro.

Ketua KPU Blora, M. Khamdun mengatakan debat tersebut akan dilaksanakan hanya sekali. Hal ini sesuai dengan kesepakatan dari semua paslon dan juga keterbatasan anggaran.

Bacaan Lainnya

“Karena hanya dilakukan sekali, tak adanya tema tertentu membuat seluruh rangkaian visi-misi para paslon bisa lebih mengalir dalam menjawab pertanyaan panelis. Misal kami ambil salah satu fokus, nanti malah dikira kecenderungan salah satu paslon,” ucapnya, Senin (23/11/2020).

Khamdun menambahkan, secara garis besar debat akan dibagi menjadi dua bagian yakni, bagian pertama pendalaman visi misi dan yang kedua adalah debat pasangan calon. Nantinya juga panelis akan membagi pertanyaan yang wajib dijawab calon bupati maupun pertanyaan yang wajib dijawab calon wakil bupati, hal ini supaya tidak didominasi calon bupati semua.

“Untuk segmennya sendiri ada 6 yakni, pembukaan dan penyampaian visi misi, pendalaman visi misi satu yang menjawab bupati, pendalaman visi misi dua yang menjawab wakil bupati, debat antar pasangan calon, dan yang terakhir segmen khusus Covid-19,” jelasnya.

Pihaknya menambahkan acara debat paslon Bupati dan Wakil Bupati Blora 2020 ini akan dipimpin oleh tiga orang akademisi yakni Prof. Dr. Tri Marhaeni Pudji Astuti dari Unnes (Universitas Negeri Semarang), Assoc. Prof. Dr. Umar Ma’ruf Unissula (Universitas Sultan Agung), dan Dr. Ir. Doni Muhardiansyah dari STTP (Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti).

Umi Kulsum yang berpasangan dengan Agus Sugiyanto dari paslon Umat yang memperoleh nomor urut 03 mengatakan sudah mempersiapkan beberapa hal untuk mengikuti acara debat ini.

“Persiapannya tentu ada Mas. Mempersiapkan mental dan fisik, mengumpulkan data dan menginventarisir permasalahan, mencari informasi seluas-luasnya dengan benar dari para ahli, akademisi dan praktisi, dan tentu semuanya kita koordinasikan dengan tim,” jawab Umi melalui whatsappnya.

Sedangkan Agus Sugiyanto yang maju sebagai calon Wakil Bupati menanggapinya biasa saja.

“Masih biasa saja pak, hari-hari masih giat soalnya,” ujarnya via ponsel.

Sementara itu, paslon Dwi Astutiningsih-Riza Yudha Prasetya (Asri) nomor urut 01, dan paslon Arief Rohman-Tri Yuli Setyowati (Artys) dengan nomor 02 hingga berita ini tayang belum memberikan tanggapan melalui sambungan telfonnya.
(Jay)


Loading...

Pos terkait

Loading...