Jumlah Kasus HIV/AIDS di Blora Menurun, Namun Angka Kematian Meningkat

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Dinas Kesehatan Kabupaten Blora mencatat sedikitnya ada 163 orang yang terkena HIV/AIDS pada akhir November 2020. Dari angka tersebut 11 orang diantaranya meninggal dunia. Jumlah kasus HIV/AIDS tahun ini menurun daripada tahun 2019 yang mencapai 216 kasus, diantaranya 5 orang meninggal dunia.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Blora, Sutik mengungkapkan, dari total 163 orang tersebut tersebar di seluruh lokalisasi dan dari kalangan yang berfariasi.

Bacaan Lainnya

“Ada Pekerja Sek Komersial (PSK), pekerja bangunan ada sopir, jadi macam-macam,’’ terangnya, Sabtu (05/12/2020).

Sutik menambahkan, kasus tersebut merupakan laporan dari rumah sakit, puskesmas, dan klinik Voluntary Counselling and Testing (VCT) keliling.

‘’Itu tes dari beberapa tempat, hasilnya 22 tambahan HIV, dengan sasaran lokalisasi, terminal dan rumah tahanan,’’ imbuhnya.

Lebih lanjut, dirinya menerangkan, para penderita adalah usia produktif antara 20 sampai 60. Bahkan, ada pasien penderita HIV/AIDS yang melahirkan anak dan beruntung anaknya negatif HIV/AIDS.

“Karena memang pasien tersebut rajin meminum obat yang memang diperuntukan untuk mencegah menyebarnya virus HIV/AIDS,” pungkasnya.
(Jay)


Loading...

Pos terkait

Loading...