Masa Tenang Pemilu, Bawaslu Blora Akan Bersihkan 7.021 APK

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Sebanyak 7.021 Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) Pilkada Blora 2020 yang telah dipetakan Bawaslu Blora, akan ditertibkan dan dibersihkan besok minggu, (06/12).

“Sesuai dengan tahapan hari ini adalah waktu berakhirnya kampanye. Sehingga mulai besok hingga sebelum pemungutan suara semua pihak tidak boleh berkampanye,” ucap Sugie Rusyono, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Blora di kantornya, Sabtu (05/12/2020).

Bacaan Lainnya

Penertiban dan pembersihan APK ini berdasarkan ketentuan di pasal 31 Peraturan KPU nomor 11/2020 disebutkan paling lambat adalah 3 (tiga) hari sebelum hari dan tanggal pemungutan suara. Adapun masa tenang sendiri sesuai tahapan adalah tanggal 6 sampai dengan 8 Desember 2020.

Dirinya menambahkan, APK dan BK yang akan ditertibkan dan dibersihkan nanti paling banyak di Kecamatan Blora dan Kecamatan Cepu.

“Dari pemetaan kami, APK dan BK paling banyak ada di Kecamatan Blora dan Kecamatan Cepu,” ungkap Sugie.

Sebelumnya dalam pembersihan APK Pilkada ini, Bawaslu Blora telah mendorong KPU Blora untuk berkoordinasi dan menghimbau semua pasangan calon untuk menertibkan dan membersihkan secara mandiri.

“Jumat kemarin kami minta KPU Blora untuk berkoordinasi dalam penertiban dan pembersihan APK ini. Kami sebelumnya juga telah berkirim surat himbauan kepada semua pasangan calon,” terang Sugie.

Kegiatan pembersihan dan penertiban APK ini direncanakan serentak yang diawali apel pagi bersama jajaran KPU, Satpol PP Kabupaten dan Satlantas Polres Blora di Kantor Bawaslu Blora.

“Kami mulai penertiban dan pembersihan APK di pagi hari. Sementara malamnya kita juga akan patroli untuk memastikan semua APK di Blora sudah bersih,” pungkasnya.
(Jay)


Loading...

Pos terkait

Loading...