Percepat Hasil Swab, Dinkes Blora Operasionalkan Alat PCR

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Terhitung mulai tanggal 5 Januari 2020 Blora telah memiliki alat PCR (Polymerase Chain Reaction) sendiri yg dioperasionalkan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Blora. Dengan alat itu diharapkan akan mempercepat dalam menentukan hasil Swab PCR kepada warga Blora. Diketahui selama ini, untuk mengetahui hasil Swab harus menunggu waktu yang lama, karena harus dikirim ke Solo.

Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora, dr. Heny Indrianti, M.Kes ketika dikonfirmasi membenarkan adanya alat PCR yang dimiliki Blora tersebut.

Bacaan Lainnya

“Ya sudah ada, mulai Selasa (5/01/2020) sudah mulai kita operasionalkan,’’ ucapnya, Selasa (05/01/2020).

Pengadaan alat ini dianggarkan dari dana APBD Blora 2020 dengan nilai pagu Rp 700 juta yang dimenangkan oleh CV. Ribka Putri Sejati dengan hasil nilai penawaran Rp 678.763.800,-. Dirinya menjelaskan, kapasitas alat PCR yang dimiliki Blora itu sekitar 50 sampel setiap harinya.

“Izin dari Kemenkes RI sudah turun terhitung mulai Senin (04/01/2020),’’ tambahnya.

Diperoleh informasi, dengan telah memiliki alat PCR sendiri dengan kapasitas sekitar 50 sampel per hari, dimungkinkan Blora merupakan kabupaten atau kota yang pertama di Jawa Tengah yang Labkesdanya mempunyai PCR di Jateng. (Jay)


Loading...

Pos terkait

Loading...