Temuan Benda Yang Diduga Serpihan Roket Buatan Cina di Kobar

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Kotawaringin Barat – Terdapatnya benda yang di duga serpihan roket ruang angkasa milik Cina. Roket ini ditemukan warga Teluk Ranggau, Desa Sungai Cabang, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Dalam penanganan temuan serpihan roket ini akan dibentuk Tim dari Forkopinda Kobar dan Lapan.

Menurut Tenaga Ahli Komite Nasional Keselematan Transportasi (KNKT) Masruri mengatakan bahwa, terkait penemuan yang di duga serpihan roket ini bukan ranahnya untuk menyatakan kebenaran benda tersebut. Yang sebelumnya melakukan pertemuan dengan Tim FKPD Kobar di Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Iskandar yang dipimpin Asisten 1 Bupati Pemda Kobar Tengku Alisahbana yang bertujuan untuk membantu penanganan penemuan serpihan roket yang nantinya di tangani Tim dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), kata Masruri, yang tiba di Pangkalan Bun pada hari Rabu, (06/01/2021)

Masruri menjelaskan, kejadian ini merupakan penemuan benda jatuh dari angkasa yang bukan pesawat udara transportasi sipil maupun militer.

“Dalam hal ini yang berwenang untuk investigasi serpihan roket ini adalah ranah dari LAPAN, jadi terkait pemeriksaan juga akan dilakukan oleh Lembaga ini,” terangnya.

Kemudian Masruri menerangkan saat ini semua benda temuan sudah bisa diangkut dan diamankan di Pos TNI AL Kumai.

“Kecuali untuk serpihan roket yang berukuran besar,
masih berada di lokasi penemuan. Hal ini karena untuk menentukan kapan benda tersebut bisa diangkut ke Kumai, masih menunggu petunjuk dari Tim Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional,” pungkasnya.

(Riduan HD)


Loading...

Pos terkait

Loading...