Pemkab Blora Launching E-Retribusi, 5 OPD Jadi Pilot Project

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Masyarakat kini semakin mudah dalam membayar retribusi atas berbagai layanan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora secara non tunai melalui E-Retribusi Daerah Kabupaten Blora. Pasalnya, Bupati Blora Djoko Nugroho me-launching layanan E-Retribusi Daerah Kabupaten Blora, di Pendopo Rumah Dinas Bupati pada Kamis, (14/01/2021).

Bupati pun menyambut baik adanya inovasi tersebut dalam rangka mendorong transparansi dan akuntabilitas pengelolaan pendapatan daerah dan mencegah korupsi di lingkungan Pemkab Blora.

Bacaan Lainnya

“Saya sangat berterimakasih kepada Pak Sekda dan rekan-rekan perangkat daerah yang begitu banyak inovasi, hal-hal yang baru untuk Kabupaten Blora dan hari ini saya akan launching e-retribusi” jelasnya.

Dikatakannya, sebagai pilot project, sudah ada sebanyak lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Blora yang sudah menerapkan E-Retribusi Daerah, meliputi Dinas Kesehatan, Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan, Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM, serta Dinas Lingkungan Hidup.

Bupati berharap, dengan diluncurkannya E-Retribusi Daerah untuk lima OPD kali ini, nantinya akan semakin banyak masyarakat yang lebih mudah mengakses layanan yang disediakan pemerintah.

“Beberapa pelayanan yang sudah menerapkan E-Retribusi Daerah meliputi retribusi pelayanan kesehatan, retribusi tera dan tera ulang, retribusi pelayanan penyedotan kakus, retribusi pemakaian kekayaan daerah, retribusi persampahan dan kebersihan, retribusi uji laboratorium lingkungan hidup, retribusi terminal, retribusi ijin trayek, retribusi pemakaman dan pengabuan mayat, dan retribusi tempat rekreasi dan olah raga” Imbuhnya.

Pembayarannya pun cukup mudah, masyarakat hanya perlu membuka website eretribusi.blorakab.go.id yang bisa diakses lewat gawai maupun komputer yang terkoneksi dengan internet. Setelah membuka website, masyarakat dapat melakukan proses booking layanan, mencetak kode billing untuk melakukan pembayaran melalui semua kanal Bank Jateng termasuk atm atau i-banking. (Jay)


Loading...

Pos terkait

Loading...