PNNB Gunung Baringin Sulap Hutan Jadi Ekowisata

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Mandailing Natal – Hutan dengan aliran air dari atas perbukitan di kawasan hutan di Kelurahan Gunung Baringin Kecamatan Panyabungan Timur Kabupaten Mandailing Natal disulap menjadi lokasi tempat objek wisata alam sebagai aspek pemberdayaan sosial dan budaya ekonomi masyarakat lokal, berkat sentuhan tangan dari Pemuda – Pemudi atau istilah panggilan di Mandailing Persatuan Naposo Nauli Bulung (PNNB) Kelurahan Gunung Baringin.

Upaya yang mereka lakukan untuk mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan perekonomian rakyat dan menjadikan tempat itu sebagai ikon kecamatan Panyabungan Timur.

Kreasi pemuda kreatif tersebut mengubah wajah hutan yang kaku menjadi objek buruan wisatawan yang berkunjung untuk berswafoto dan pemandian yang sejuk.

Ekowisata Aek Batu Bontar yang viral di media sosial ini, itulah nama objek wisata yang digarap para Naposo Nauli bulung ini.

Memang masih banyak yang harus ditata, terutama membangun sarana dan prasarana di lokasi itu, namun masih terkendala biaya, akan tetapi semangat mereka tidak pernah surut membangun tempat wisata itu dan berencana membuat wisata yang alami itu semakin diminati atau dikagumi oleh wisatawan yang datang ke lokasi tersebut.

Kalau kita lihat di dalam lokasi terdapat air terjun kecil yang mengalir dari atas perbukitan dan menjadikan lokasi itu tempat ber swafoto semakin menarik.

Ketua Persatuan Naposo Nauli Bulung (PNNB) Kelurahan Gunung Baringin Arifin Taher didampingi sekretaris M. Sudirman saat ditemui, Sabtu (16/1/21) mengatakan, kepada media ini bahwa upaya – upaya mereka untuk mewujudkan objek wisata ini dengan pengelolaan yang baik, agar terlihat lebih menarik, mereka sudah pernah melakukan komunikasi dengan Dinas Pariwisata, UPT Dinas Kehutanan dan HIPMI Madina.

“Kita sudah komunikasikan dan promosikan ke Dinas Pariwisata, UPT Dinas Kehutanan juga HIPMI Madina, sebagai upaya dan langkah kita dalam percepatan pembangunan sarana dan prasarana di lokasi objek wisata, sehingga perekonomian masyarakat meningkat dan meminimalisir pengangguran di Panyabungan Timur” ungkap Arifin.

Arifin juga mengungkapkan, beberapa hari yang lalu rombongan dari Dinas Pariwisata sudah berkunjung ke lokasi objek wisata tersebut, dan Kepala Dinas nya mengatakan luar biasa lokasinya.

“Luar biasa, dan harapannya mari kita berjalan berdampingan untuk mewujudkan dan mengembangkan potensi objek wisata Aek Batu Bontar ini, kedepan akan menjadi pokok bahasan kami untuk mewujudkan percepatan pembangunan objek wisata ini” kata Yasir Kadis Pariwisata Kabupaten Mandailing Natal, ditirukan oleh Arifin.

(RUDI E)


Loading...

Pos terkait

Loading...