Hindari Ego Sektoral Dalam Penanganan Bencana

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Kotawaringin Barat – Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah dan FKPD Kobar serta Instansi lainnya, menanda tangani untuk bersinergitas guna menerapkan 4 fokus kebijakan Polda Kalteng. Dalam hal ini diselenggarakannya apel gelar personel dan sarpras dalam rangka kesiapan di wilayah Polres Kotawaingin Barat.
Di Lapangan Sampuraga Jl Sutan Syahril Pangkalan Bun. Pada hari Senin, (18/01/2021).

Kapolres dalam amanatnya menyampaikan, kegiatan apel serentak yang dilaksanakan seluruh jajaran Polda Kalteng ini sebagai representasi Polri bersama TNI dan stakeholder lainnya untuk menghadapi bencana.

“Ada empat fokus pada tahun 2021 dari kebijakan Kapolda Kalteng yaitu meliputi penanganan Covid-19, penanganan karhutla, ketahanan pangan (food estate) serta kasus-kasus lingkungan hidup,” kata Kapolres.

Kemudian
Kapolres Kobar menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini kita sebagai garda terdepan hendaknya memberikan contoh yang baik bagi masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Dalam penanganan bencana alam dan non alam. Kita sebagai garda terdepan, khususnya dalam penangan Covid-19 hendaknya menjadi contoh dan tauladan bagi masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan sehingga dampak penyebaran Covid-19 dapat kita minimalisir,” jelasnya.

Selanjutnya Kapolres Kobar mengajak agar
meningkatkan lagi sinergitas TNI-Polri dan instansi terkait, guna menyamakan langkah dan strategi dalam menangani penanggulangan bencana alam dan non alam,

“untuk itu perlu ditegaskan bahwa penanganan bencana alam dan non alam bukan hanya tugas TNI/Polri dan Pemda serta instansi terkait, namun tugas semua pihak,” ajaknya.

Dikegiatan gelar pasukan ini dapat menjadi manivestasi kita terkait kesiapan pemda Kobar, menjadi bentuk penguatan konsolidasi di semua lini dan menjadi bukti bahwa negara betul-betul hadir di tengah masyarakat dalam penangan bencana karhutla, banjir, Covid-19 dan kasus-kasus tindak pidana lingkungan hidup maupun sumber daya alam di wilayah Kotawaringin Barat.

“Harus kita sadari peralatan dan sarpras pendukung yang kita dimiliki masing-masing instansi dalam rangka menghadapi bencana alam masih sangat terbatas, oleh karena itu perlu adanya partisipasi dan kerjasama serta tugas yang baik dari instansi terkait untuk menyiapkan peralatan satuan tugas penanganan bencana alam sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya sehingga peralatan dan perlengkapan siap dikerahkan sewaktu-waktu ketika musibah bencana alam terjadi,” katanya.

Lebih lanjut Devi Firmansyah mengatakan bahwa,
dalam pelaksanaanya yang bertindak adalah sebagai leading sektor BNPD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) yang ada di Kabupaten Kobar.

“Dengan menyiapkan fisik dan mental yang prima dan dilandasi komitmen awal, disiplin kerja yang tinggi untuk menjalankan tugas yang diterima. Hindari ego sektoral dalam penanganan bencana alam di wilayah kobar khususnya. Maka dengan demikian kita akan mampu mengatasi kendala dalam menyelamatkan warga masyarakat yang mengalami korban bencana alam,” pungkasnya.

Dalam apel gelar personel dan sarpras ini yang dipimpin oleh Kapolres Kobar, nampak hadir, Wakil Bupati Kobar, FKPD Kobar, SKPD Pemda Kobar, Personel Polres Kobar, dan jajaran peserta apel lainnya.

(Riduan HD).


Loading...

Pos terkait

Loading...