Tak Dihadiri Semua Paslon, Keputusan KPU Blora Tetap Sah

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Blora menetapkan pasangan calon (paslon) Arief Rohman-Tri Yuli Setyowati sebagai pasangan terpilih dalam Pilkada Blora 2020.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora, M. Hamdun usai memimpin rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih pemilihan bupati dan wakil bupati Blora tahun 2020.

Bacaan Lainnya

“Meskipun setelah pelaksanan rekapitulasi kabupaten, di Blora ini tidak ada pengajuan sengketa oleh pasangan calon yang dinyatakan kalah. Tapi karena itu Pilkada serentak, kemudian pengelolaannya pun menjadi secara serentak,” jelas Hamdun, Kamis (21/01/2021).

KPU menetapkan calon terpilih setelah diterbitkannya surat Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) tertanggal 20 Januari 2021 yang diterbitkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).Adapun penetapan pasangan calon terpilih ini tertuang dalam keputusan KPU Blora nomor 3/PL.02.7-Kpt/3316/KPU-Kab/I/2021.

“Untuk pelantikan calon bupati dan wakil bupati Blora terpilih nanti kewenangannya pemerintah provinsi. Untuk KPU hanya sampai tahapan penetapan saja,” tambahnya.

Rapat pleno terbuka ini tidak dihadiri ketiga kontestan, hanya paslon H. Arief Rohman-Tri Yuli Setyowati serta partai pengusung. Sedangkan pasangan Dwi Astutiningsih – Riza Yudha tak tampak hadir. Dari pasangan Umi Kulsum – Agus Sugiyanto hanya dihadiri oleh perwakilan partai pengusung. Namun demikian tidak mempengaruhi keabsahan hasil rapat pleno terbuka ini.

“Semua pasangan kami undang, namanya undangan tidak wajib hadir. Seandainya ketiganya tidak hadir sekalipun tidak mempengaruhi keabsahan hasil rapat pleno terbuka ini,” terangnya.

Sebagai informasi, dalam Pilkada Blora 2020 yang dilaksanakan 9 Desember kemarin, diikuti oleh tiga pasangan calon diantaranya pasangan nomor urut satu Dwi Astutiningsih – Riza Yudha (Asri), pasangan nomor urut dua Arief Rohman – Try Yuli Setyowati (Artys), dan pasangan nomor urut tiga Umi Kulsum – Agus Sugiyanto (Umat).

Dari ketiga kontestan tersebut pasangan Arief Rohman – Tri Yuli Setyowati berhasil keluar sebagai pemenang dengan meraup suara tertinggi yakni 318.380 suara atau 59,71%. (Jay)


Loading...

Pos terkait

Loading...