Tahun 2021, BLT DD Berlanjut dengan Nominal Rp 300.000 per KPM

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Tulungagung.Beberapa bantuan sosial (Bansos) terus berlanjut pada tahun 2021. Salah satunya Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD).

Bertempat di balai desa Kradinan kec.pagerwojo kabupaten Tulungagung,telah  Menyalurkan Bantuan Langsung Tunai dari dana desa atau BLT DD berlanjut  pada tahun 2021 dan kemungkinan sampai bulan Desember dengan nominal Rp 300.000 per KPM (Keluarga Penerima Manfaat).senin(25/1)

Tampak hadir pada kegiatan kali ini Babinsa, Babinkamtibmas serta diikuti camat pager wojo.

Penyelengaraan pemberian  bantuan ini sesuai dengan  PMK sebelumnya dana desa diberikan selama sembilan bulan dengan besaran masing-masing Rp600 ribu untuk bulan pertama sampai ketiga dan Rp300 ribu untuk bulan keempat sampai kesembilan.

Dalam Pasal 39 PMK baru tersebut, besaran BLT dana desa diberikan dalam jangka waktu 12 bulan dengan nilai Rp300 ribu per bulan.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, pelaksanaan proses BLT DD di tahun 2020 berjalan dengan lancar dengan jumlah total 56.781 KPM di semua desa se-Kabupaten Tulungagung. Dari 257 desa yang ada di Kabupaten Tulungagung, ada beberapa desa yang sudah mencairkan BLT DD sebanyak 6 kali dan ada pula beberapa desa yang sudah mencairkan 7 sampai 8 kali.

KPM yang mendapatkan BLT DD tersebut, didata dulu oleh pemerintah desa dengan pendataan sesuai persyaratan yang berhak mendapatkan BLT DD. Setelah didata baru pemerintah desa melaksanakan musyawarah desa atau MUSDes.

Dalam proses pendataan dan MUSDes kita kawal agar penyaluran BLT DD tepat sasaran. Sementara itu, untuk KPM di tahun 2021 bisa jadi bertambah bisa jadi berkurang. Tergantung dari keputusan MUSDes.”pungkasnya.(Endi sunaryo)


Loading...

Pos terkait

Loading...