Longsor di Sendang, Bupati Tulungagung Mengambil Langkah Cepat

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Tulungagung – Bupati Tulungagung sidak jalan putus akibat longsor di Desa krosok Sendang. Mendengar berita jalan longsor tersebut, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo,MM senin, (22/02/2021) sekitar pkl 10.00 WIB siang meninjau lokasi jalan longsor yang menghubungkan dua desa krosok dan Nglutung di Kecamatan Sendang tersebut.

Dalam kunjungan ini Bupati didampingi forkopimda, diantaranya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) perwakilan Bapeda, polsek Koramil dan Camat Sendang.

Usai melihat langsung dilokasi bencana tanah longsor yang menyebabkan terputusnya jalan desa Krosok, Bupati menginstruksikan kepada para OPD terkait untuk segera mengambil langkah – langkah yang diperlukan guna mengatasi terputusnya jalan tersebut.


“Yang penting kitaamankan dulu. Kita pikirkan konstruksi mana yang terbaik,” terang Maryoto

Menurut Maryoto, jalan yang longsor cukup vital karena menghubungkan antar desa

Karena itu pihaknya berupaya memulihkan jalan ini, agar bisa difungsikan seperti semula.

Untuk jangka pendek, Pemkab mengupayakan agar sepeda motor bisa melintas.

“Alat beratnya sudah siap. Nanti material bawah kita angkat, supaya bisa dilalui sepeda motor,” sambung Maryoto.

Berhubung adanya saluran irigasi yg tertimbun longsoran tanah yang Sangat vital bagi masyarakat Nglutung seketika itu pula di hadirkan alat berat untuk menyingkirkan tanah yang menimbun dan menutup nya. Selanlanjutnya Bupati mengintruksikan agar saluran irigasi yang tertutup longsoran segera di tangani.

Sementara itu camat sendang Imam siswoyo saat di konfirmasi awak media mengenai penanganan jalan yang begitu parah kerusakan nya Maka selayak nya pilih alternatif kedua dengan memindah Kan Jalan dari pada membuat dinding penyangga jalan yang begitu tinggi dan panjang,

Sementara itu di tempat yang sama Kepala Desa Krosok Susanto juga membenarkan, bahwa lebih baik jalan tersebut, di pindahkan dengan Cara pembebasan tanah warga untuk Badan jalan yang terputus total, dengan menganti rugi tanah yang di gunakan untuk pembebasan tanah nya,

Susanto juga berharap agar penanganan jalan tersebut segera di kerjakan mengingat jalan tersebut sangat vital dan sebagai penunjang perekonomian masyarakat baik untuk jalan pertanian juga transfortasi lain nya,

Di tempat yang sama Andrianto selaku anggota DPRD Tulungagung juga sepakat Bila nanti di kerjakan, juga memilih alternatif kedua dengan cara memindahkan Badan jalan dan memberi ganti rugi kepada pemilik lahan, dan keputusan semua itu tetap pada Bupati bagai mana penangananya berikut nya, karena Bupati selaku penentu kebijankan, pungkasnya.

(endi sunaryo)


Loading...

Pos terkait

Loading...