Kades Tegal Rejo Kini Resmi Tersangka

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Kotabaru – Afifudin tidak lain adalah Kepala Desa Tegal Rejo,Kecamatan Kelumpang Hilir, kini resmi telah ditetapkan jajaran Kejari menjadi tersangka atas dugaan kasus pungutan liar.

Tak hanya di tetapkan menjadi tersangka, Kades itu juga langsung di tahan oleh Kejaksaan Negeri kabupaten Kotabaru.

Kondisi tersebut langsung di tanggapi serius oleh Plh Bupati Kotabaru, Said Akhmad.

Said mengatakan semua Kades di Kotabaru sejak dilantik telah dibekali berbagai pemahaman berkenaan dengan regulasi atau aturan dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“sangat disayangkan,kejadian pungli yang di lakukan Kades tegal rejo itu. Ia diduga melakukan pungutan kios tanpa adanya payung hukum yang jelas,” ujar Said.

Selain dari pada itu, Said juga menyebutkan, pungutan, yang arahnya untuk pemasukan pendapatan desa mestinya memang harus dilakukan sesuai dengan regulasi, atau payung hukum.

“intinya adalah ini harus menjadi sebuah pembelajaran. Semua Kades jangan sampai lalai. Sebab, apapun pemungutan yang dilakukan tanpa payung hukum, itu sangat jelas menyalahi aturan, ujarnya kepada wartawan, Kamis (25/2/21).

Said juga menambahkan,Pemerintah telah memberi ruang, desa bisa membuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), sehingga pendapatan meningkat, dan bisa dikelola dengan baik.

Sekda berharap, kewenangan desa tidak disalah artikan, atau dibuat justru menyalahi aturan. Karena, apapun kegiatan desa akan diawasi. Utamanya, oleh masyarakat.

“Semua itu tergantung Kadesnya, mau atau tidaknya.kalau dia membuat kebijakan sendiri, tanpa dasar hukum, maka resiko akan ditanggung mereka sendiri,” pungkasnya.

(duki)


Loading...

Pos terkait

Loading...