Walikota Bersama Komunitas Dan Budayawan Tasyakuran”Brug Over Den Brantas Te Kediri”Ke-152

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Kediri.Di tanggal 18 Maret 2021 saat ini,juga bertepatan dengan dimana ruas jalan penghubung antara wilayah Kota Kediri Barat dan Kota Kediri timur yang dipisah oleh aliran sungai brantas yaitu jembatan lama genap usia 152 tahun.

Pada acara tasyakuran yang digelar di sepanjang jalan jembatan lama tersebut,turut hadir Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar,perwakilan Forkopimda,para komunitas dan juga budayawan sekaligus penemu sejarah jembatan lama tersebut yaitu Imam Mubarok atau biasa disapa Gus Barok.kamis(18/3)

Diceritakan singkat,bahwasanya jembatan lama ini dulunya digunakan sebagai jalan raya”Groote Postweg”pada masa kolonial Belanda sebagai penghubung wilayah Madiun-Surabaya,dan telah dioperasionalkan untuk umum pada tanggal 18 maret 1869,pungkas Gus Barok melalui sambutanya.

Disampaikan kembali”dan untuk kegiatan yang kami lakukan saat ini dengan acara tasyakuran serta makan tumpeng bersama,dan sebelumnya kita lakukan bersih-bersih bersama teman-teman komunitas,merupakan dalam rangka menyambut HUT ke-152 jembatan lama(Brug Over Den Brantas Te Kediri)”.

Masih ditempat yang sama Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar juga menjelaskan”jembatan lama ini merupakan suatu peninggalan sejarah atau warisan budaya yang perlu kita jaga dan rawat bersama”.

“Jembatan lama ini merupakan jembatan dengan kontruksi besi tertua yang ada di Jawa bahkan didunia yang melebihi jembatan tertua yang ada di Amerika,dan juga sudah resmi tercatat sebagai situs cagar budaya Kota Kediri”terang Walikota Kediri atau biasa di sapa Mas Abu tersebut.

“Untuk sementara,jembatan lama masih kita tutup karena masih dalam situasi pandemi Covid-19,hal ini untuk menghindari kerumunan.Nantinya setelah pandemi ini berakhir Pemerintah Kota Kediri akan membuka kembali jembatan lama agar bisa digunakan sebagai tempat tujuan wisata baik dalam kota maupun luar kota”tutur Mas Abu di akhir sambutanya.(pan)


Loading...

Pos terkait

Loading...