Ruwah Desa, Pemdes Gampingrowo Gelar Istiqhosa

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Sidoarjo -Bersih desa di setiap Desa ataupun kelurahan selalu dilaksanakan secara rutin dalam satu tahun, itupun dilakukan dengan cara yang berbeda-beda karena setiap kelurahan atau desa memiliki tradisi atau khas yang tersendiri dan hal inilah yang membuat ciri khas dari kelurahan atau desa satu dengan yang lainnya.

Desa Gampingrowo Kecamatan Tarik menggelar Istighotsah Umum dalam rangka Sedekah Bumi/Ruwah Desa yang dilaksanakan di Pendopo Kantor Desa, Jumat (26/3) malam.

Kegiatan ini dihadiri oleh Suriyani selaku Kepala Desa serta jajarannya, Muspika, Toga, Tomas, Lembaga Desa, RT, RW, warga masyarakat dan para undangan.

Kegiatan istighosa dimulai pukul 19.30 wib yang dipimpin oleh Gus Ad. Terlihat masyarakat mengikuti dengan khusyuk kegiatan ini hingga selesai, kegiatan ini diadakan untuk meminta keselamatan kepada Allah Swt untuk keselamatan seluruh masyarakat desa gampingrowo.

Kepala Desa Gampingrowo melalui Sekdes Imam Basuki disela acara mengatakan acara istiqhosa ini tak lain adalah upaya meminta pertolongan kepada Allah SWT agar warga masyarakat Gampingrowo khususnya terhindar dari macam bencana dan wabah virus c-19,’ katanya.

“Kita hanya mengundang beberapa orang saja karena pemerintah menghimbau larangan adanya kerumunan. Dan kita tetap mematuhi prokes dalam kegiatan ini,’ ucapnya.

Masih Sekdes, sekali lagi saya katakan bahwa tujuan kita menggelar acara ini untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT agar warga masyarakat terhindar dari berbagai bencana dan virus c-19. Karena masih masa pandemi yang tidak dapat ditentukan maka Ruwah Desa Gampingrowo yang biasanya menggelar ludruk dan kesenian lainnya untuk sementara kita batalkan dahulu,’ jelasnya.

Meski kegiatan untuk tahun ini lebih sederhana dari tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini semoga tidak mengurangi kemeriahannya,’ tutup Sekdes. (HERI)


Loading...

Pos terkait

Loading...