Polsek Aruta Sosialisasikan Tentang Larangan Membakar Hutan Dan Lahan

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Kotawaringin Barat-
Personel Polsek Arut Utara, jajaran Polres Kotawaringin Barat (Kobar), Polda Kalteng, Briptu Dian melakukan imbauan Larangan membakar hutan dan lahan (Karhutla) di Kel. Pangkut, Kec. Aruta, Kab. Kobar, Prop. Kalteng, Minggu (28/03/2021).

Kapolsek Aruta Ipda Agung Sugiarto menjelaskan, pihaknya melaksanakan imbauan larangan Karhutla mengingat kebiasaan masyarakat Kecamatan Arut Utara selalu membakar lahan saat akan berladang atau menanam padi. Pada sosialisasi ini supaya masyarakat dapat memahami imbauan ini, karena pembakaran tersebut bisa merembet ke tempat lainnya sehingga sangat berdampak besar bagi lingkungan hidup di dunia ini.

“Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) sudah menjadi bencana tahunan saat musim panas atau kemarau, yang selalu terjadi kabut asap yang menyebar akhirnya kita sulit untuk menghirup udara segar, oleh karena itu kita perlu antisipasi dalam upaya pencegahan. Dalam hal ini kebiasan berladang dengan cara membakar harus kita tinggalkan,” tegasnya.

Selain itu
yang paling membahayakan dari asap tersebut adalah akan mengganggu saluran pernapasan manusia sehingga menimbulkan penyakit yang disebut infeksi saluran pernapasan (ispa), katanya.

Harapan Kapolsek Aruta dengan menyampaikan sosialisasi larangan membakar lahan dan hutan ini agar masyarakat bisa memahami pentingnya menjaga lingkungan hidup untuk terhindar dari bencana alam akibat terbakarnya hutan dan lahan.

(R1D)


Loading...

Pos terkait

Loading...