Peduli ABK, Polisi di Blora Bentuk Yayasan Terapi Anak

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Berawal dari keprihatinan akan susah dan mahalnya biaya terapi tumbuh kembang bagi anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) di wilayah kabupaten Blora, seorang anggota polisi membentuk sebuah Yayasan Pelita Insan Mandiri Cepu.

Aiptu Hadi Sutomo, anggota satlantas Polres Blora bersama dengan 6 orang rekannya dari berbagai elemen masyarakat mendirikan yayasan yang bergerak di bidang terapi tumbuh kembang anak serta pendidikan bagi ABK.

Bacaan Lainnya

Dirinya menjelaskan bahwa hingga saat ini sudah berdiri Taman Kanak-Kanak (TK) dan Klinik Terapi Tumbuh Kembang Anak di bawah naungan Yayasan yang beralamat di Jl Balun Srikaton Lorong 7 No.48A Cepu Kabupaten Blora.

“Saat ini yang sudah berjalan adalah klinik Cahaya Bangsa Terapi dan TK Cahaya Insani Cepu, yang melayani anak kebutuhan khusus,” ucap Aiptu Hadi Sutomo, Senin, (29/03/2021).

Menurutnya, sebagian besar masyarakat masih merasa malu dan beban moral bahkan ada yang ditutup-tutupi jika mempunyai ABK. Untuk itulah, dia mengajak kepada para orang tua yang memili ABK untuk menjaga, merawat dan memberikan pelayanan pendidikan seperti anak-anak normal pada biasanya.

“Melalui Yayasan ini, kami ajak para orang tua yang mempunyai anak berkebutuhan khusus agar selalu semangat dan jangan putus asa. Anak adalah titipan Tuhan yang harus kita jaga, kita rawat dan kita berikan pendidikan yang seharusnya demi kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia,” jelas Aiptu Hadi.

Lebih lanjut, dirinya menawarkan kepada masyarakat Blora dan sekitarnya yang membutuhkan terapi tumbuh kembang anak dan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus bisa datang ke Yayasan Pelita Insan Mandiri Cepu.

“Bisa berkonsultasi dan assesment dengan Tim Terapis Education kami,” lanjut Aiptu Hadi yang dilaju dari rumahnya di Kecamatan Ngawen ke Kecamatan Cepu dengan jarak tempuh skitar 50 KM.

Yayasan tersebut sudah terdaftar resmi di Notaris, KemenkumHam, Kemendikbud dan sudah punya NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), sehingga legalitas dan kedudukannya jelas.

Di tengah pandemi ini, yayasan tersebut menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Jadwal Terapi dan sekolah TK cahaya insani buka setiap hari Senin-Jumat, namun jamnya dijadwalkan sendiri-sendiri. Jadi 1 anak ditangani 1 terapis education. (Jay)


Loading...

Pos terkait

Loading...