Kapolsek Aruta Bersama Tim Gabungan Datangi Karhutla Di Desa Pandau.

  • Whatsapp

ANALISA PUBLIK.COM |
Kotawaringin Barat-
Kebakaran Hutan dan Lahan menjadi fokus perhatian oleh Polda Kalteng. Dalam hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh Polsek Arut Utara yang merupakan jajaran Polres Kotawaringin Barat, Polda Kalimantan Tengah, mendatangi TKP terjadinya Karhutla bersama tim gabungan dan TNI di Desa Pandau, Kecamatan Arut Utara, Kabupaten Kotawaringin Barat. Pada hari Kamis, (01/04/2021).

Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah melalui Kapolsek Aruta Utara Ipda Agung Sugiharto, mengatakan bahwa pihaknya mendatangi tempat terjadinya kebakaran. Setelah sampai di TKP bara api sudah tidak terlihat lagi yang terlihat abu dan arang serta bekas tebangan pada pohon yang belum terbakar.

“Kami bersama Tim mendatangi lokasi karhutla di Desa Pandau, sesampainya dilokasi terlihat abu dan arang sisa terbakarnya anak kayu serta ada bekas tebangan pada pohon yang sudah ditumbangkan. Dugaan sementara lahan tersebut sengaja dibakar untuk berladang atau membuka kebun,” katanya.

Terkait siapa pelaku terjadinya karhutla ini pihaknya terus melakukan penyilidikan.

“Jadi masih dalam proses penyelidikan, terkait terjadinya karhutla ini,” jelasnya.

Kapolsek Arut Utara juga menambahkan, jauh hari
sebelumnya kami sudah melakukan sosialisasi karhutla dengan memberikan selebaran maklumat Polda Kalteng dan spanduk imbauan tentang karhutla maupun cara-cara persuasif lainnya kepada masyarakat Arut Utara agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, jelasnya.

Harapannya agar masyarakat sadar pentingnya menjaga lingkungan, dengan cara membuka lahan membakar ini akan menyebabkan kabut asap dampaknya menyengsarakan orang banyak, pungkasnya.

(R1D)


Loading...

Pos terkait

Loading...