Inginkan Perangkat Desa Yang Profesional Dinas PMD Kobar Laksanakan Pelatihan Tugas

  • Whatsapp

ANALISA PUBLIK.COM |
Kotawaringin Barat-
Wakil Bupati Ahmadi Riansyah membuka Pelatihan Awal Masa Tugas Perangkat Desa se – Kotawaringin Barat yang dilaksanakan oleh Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa) Kobar. Yang mana pelatihan mengundang narasumber dari Balai Pemerintahan Desa Jogyakarta. Selama 3 hari, di Aula Hotel Brits, Jl. A. Yani, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat. Jumat, (09/04/2021).

“Kegiatan hari ini membekali Perangkat Desa yang baru dilantik dengan Pelatihan Awal Masa Tugas Perangkat Desa dengan peserta sebanyak 122 orang selama 3 hari. Adapun narasumber dari Balai Pemerintahan Desa Jogyakarta,” kata Wabup Kobar.

Kemudian Ahmadi Riansyah menjelaskan tujuan dari Pelatihan atau Bimbingan Teknis ini untuk menambah pengetahuan dan kecakapan para perangkat desa di Kabupaten Kotawaringin Barat,

“Agar meningkatkan kapasitas Perangkat Desa, kecakapan, prilaku dalam melaksanakan fungsinya untuk membantu tugas Kepala Desa. Karena di Kabupaten Kotawaringin Barat menginginkan setiap desa tertib administrasi dan bekerja profesional,” terangnya.

Selanjut Wabup Kobar mengungkapkan, yang melatar belakangi pelatihan ini berkaca pada kejadian-kejadian yang kita tidak inginkan, hal ini banyak sekali Kades yang tersangkut permasalah hukum,

“Secara faktual mereka memang benar membangun desa namun secara administrasi tidak tercatat. Ketika di periksa Inspektorat, Kepolisian, Kejaksaan, tidak ada pembanding maka terjadi masalah,”

Jadi membangun infrastruktur tidak cukup dengan siapnya anggaran saja kalau tanpa didukung sdm yang memadai dalam rangka mengelola keuangan yang ada di desa. Begitu juga dengan besarnya anggaran di desa klu tidak diberikan pembekalan yang cukup maka akan berpotensi disalah gunakan,” ungkapnya.

Harapan Wakil Bupati Kobar, dengan dilaksanakan pelatihan ini, admistrasi Pemerintahan Desa lebih baik sehingga Kabupaten Kotawaringin Barat lebih maju untuk kedepan, pungkasnya.

(R1D)


Loading...

Pos terkait

Loading...