Seminar Kebangsaan, Peran Ortu Sangat Penting Dalam Pendidikan Karakter

  • Whatsapp

Analisapiblik.com,Kendal- Peran orang tua sangatlah penting dalam hal membentuk karakter anak, seperti halnya menanamkan nilai moral pancasila pada anak di usia dini.

Hal tersebut disampaikan oleh salah seorang anggota MPR RI dari Fraksi Nasdem, Fadholi, saat acara seminar kebangsaan “peran orang tua dalam pendidikan Pancasila” yang di laksanakan di Desa, Patean Kendal, Kamis (08/04/2021).

Dalam kesempatan itu, Fadholi menyinggung tentang peran orang tua dalam membangun karakter anak. Ia menyampaikan bahwa, orang tua pasti punya cara sendiri dalam mendidik anaknya. Namun mereka harus memahami karakter anak terlebih dahulu.

“Keberadaan buah hati di dalam rumah selama masa pandemi Covid-19 justru membuka kesempatan orangtua untuk membangun karakternya,” paparnya.

Menurutnya, walaupun tidak mengajarkan secara teoritis, namun peran orangtua sangat penting di masa pandemi. Tersedia waktu lebih bagi keluarga untuk bersama. Di sini, seluruh nilai-nilai luhur pancasila bisa diterapkan.

“Dengan membiasakan berdoa dan beribadah bersama mengamalkan sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa. Kemudian membangun rasa sosialnya dengan membantu sesama memaknai nilai kemanusiaan di sila kedua,” ungkapnya.

Ia pun berharap, bagi orangtua memperhatikan pembangunan karakter si anak, terutama dalam memaknai arti penting Pancasila sebagai dasar negara. Pengetahuan mengenai hal itu sangat mungkin terpangkas akibat jauh dari pembelajarannya di sekolah.

“Kalau melihat kondisi saat ini, pembelajaran sekolah masih melalui daring, tentu kurang berhasil dalam mentransfer ilmu. Tentunya sangat diperlukan sekali peran orangtua dalam mendidik anaknya,” terangnya.


Loading...

Pos terkait

Loading...